Peradaban Yunani Kuno

Bangsa Yunani memiliki peradaban yang tinggi. Peradaban bangsa Yunani inilah yang kemudian dikembangkan oleh bangsa barat. Peradabannya meliputi kebudayaan Kreta, Polis, sistem kepercayaan dan hasil-hasil budaya.


Lihat Peta Lebih Besar

Negeri Yunani dikelilingi oleh laut Aegea dan laut Ionea. Yunani terdiri dari dua bagian, yaitu daratan dan kepulauan.
1. Daratan, teridiri beberapa pegunungan. Daerahnya terpecah-pecah, pantainya berteluk-teluk dan airnya tenang. Oleh karena itu, negara ini sangat cocok untuk pelabuhan.
2. Kepulauan, Yunani kepulauan berada di laut Aegea . Daerah ini terdiri dari pulau-pulau. Di antara pula-pulau tersebut terdapat pulau Kreta. Pulau Kreta adalah awal perkembangan kebudayaan di Yunani dan Romawi.

Penduduk pulau Kreta berasal dari Asia Kecil. Pada tahun 3000-1500 SM (sebelum masehi), mereka telah memiliki kebudayaan yang tinggi. Kebudayaan dibangun akibat adanya kekuatan maritim. Mereka memiliki armada laut yang kuat untuk mempertahankan daerahnya.

Rakyatnya hidup dari perdagangan di laut Aegea dan laut Tengah bagian timur. Kebudayaan pulau Kreta di sebut "Kebudayaan Minos". Nama ini diambil dari nama raja Pulau Kreta yaitu Minos, yang berkedudukan di Kota Knosus.

Hasil kebudayaan berupa arsitektur, seni patung dan seni kerajinan. Arsitektur ini di dapat di istana besar di Knosus. Dinding-dindingnya diwarnai dengan lukisan berwarna dari cat air. Istana tersebut dibangun oleh raja Minos pada tahun 1600 SM. Di Knosus ditemukan juga tempat pemandian. Bangsa Yunani telah memiliki seni kerajinan keramik yang indah.

Sekitar tahun 1500 SM, pulau Kreta diserang oleh Mikene. Mereka meniru kebudayaan orang-orang Minos. Hal ini terbukti dengan peninggalannya, yang berupa :
1. Istana yang memiliki 60 kamar.
2. Thallos, yaitu kuburan yang berbentuk sarang lebah, dan
3. Gerbang singa dari Mikene.
Gerbang singa tersebut adalah sebuah pintu gerbang yang di bagian atasnya dihias dengan dua buah patung singa.

Tahun 1000 SM, Pulau Kreta kedatangan bangsa pengembara dari Suku Achaea, Ionia, Aeolia dan Doria. Suku yang terkenal ialah suku Ionia. Suku Ionia inilah yang akhirnya bercampur dengan penduduk asli. Percampuran inilah yang menurunkan bangsa Yunani.

Bangsa Yunani Kuno terdiri dari berbagai suku bangsa. Mereka mendiami wilayah yang disebut "Negara Kota" atau "Polis". Polis yaitu sebuah kota yang terbentang sebagai pusat kota dengan daerah pedesaan dan sekitarnya.

Setiap Polis didiami oleh masyarakat merdeka dengan hak pemerintahan sendiri. Polis pada hakikatnya adalah sebuah negara kecil yang merdeka. Di Yunani terdapat tiga Polis besar dan kuat, yaitu Athena, Sparta dan Thebe.

Kepercayaan bangsa Yunani Kuno adlah politheisme. Dewa tertinggi adalah Dewa Zeus, yang merupakan sumber kesusilaan, pelindung dan pencipta keadilan. Dewa-dewa lainnya adalah Aries (dewa perang), Apollo (dewa kesenian), Pallas Athena (dewi pengetahuan), Aphrodite (dewi kecantikan), Hermes (dewa perdagangan), Posiedon (dewa laut) dan Artemis (dewa perburuan).

Menurut kepercayaan Yunani Kuno, para dewa bersemayam di Bukit Olympus. Untuk menghrmati dan memuja para dewa diadakan pertandingan olah raga yang disebut Olympiade. Sekarang anda jadi tahu bukan dari mana asal kata Olympiade?

Hasil kebudayaan Yunani meliputi pemerintahan, ilmu pengetahuan dan filsafat dan kesenian. Pemerintahan Yunani Kuno menganut sistem paham demokrasi. Mereka menjalankan sistem perwakilan (archon) dan adanya negara militer. Sparta berkembang menjadi negara militer.

Bangsa ini juga telah mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan filsafat. Hal ini terbukti dengan ditemukannya hal-hal berikut:
1. Adanya buku-buku sejarah karya ahli sejarah. Yang terkenal adalah Herodotus yang dianggap sebagai "Bapak Ilmu Sejarah".
2. Buku kedokteran yang disusun oleh Hipocrates. Hipocrates dianggap sebagai sebagai "Bapak Ilmu Kedokteran".
3.Teori ilmu pengetahuan alam karya Archimedes. Archimedes dikenal sebagai "Bapak Ilmu Pengetahuan Alam".
4. Teori ilmu matematika karya Pythagoras.
5. Teori-teori filsafat. Ahli-ahli filsafat yang terkenal adalah Socrates, Plato dan Aristoteles.

Hasil kesenian Yunani meliputi seni sastra, seni bangunan, seni patung dan drama.
1. Seni sastra yang terkenal adalah karya Homerus, yaitu mengenai Iliad dan Odysius.
2. Seni bangunan yang terkenal adalah kuil Parthenon di Bukit Akropolis. Arsitekturnya bernama Iktinus.
3. Seni patung yang dihasilkan pada zaman ini terbuat dari gading dan emas. Pemahat terkenal bernama Phidias. Patung karyanya adalah pelempar cakram Miron.
4. Dalam bidang seni drama, penulis yang terkenal adalah Aristhopenes dan Euripides (drama komedi). Penulis drama tragedi yang terkenal adalah Aeschylus dan Sopocles.

Perkembangan yunani
Negara-negara kota atau Polis (negara kecil) berdiri antara abad ke-7 dan ke-6 SM. Negara-negara kota itu antara lain, Athena, Sparta, Thebe, Corinthia dan Argos. Kota Sparta dan Athena adalah kota-kota yang terkenal. Keduanya bersaing untuk menjadi penguasa tunggal di Yunani.