Zaman Epos tahun 1000-500 SM

Dinamakan zaman Epos, karena pada masa itu sastrawan banyak menyusun cerita kepahlawanan yang terkenal. Epos atau cerita kepahlawanan hasil karya sastrawan pada masa itu yang sangat terkenal adalah Mahabharata dan Ramayana. Sudah sering mendengarnya bukan di negeri ini? Saya kira sudah tak asing lagi, karena kedua karya ini sudah sering diangkat didunia sinetron.

Kitab Mahabharata digubah oleh Wiyasa. Epos ini berbentuk syair, yang isinya menceritakan kepahlawanan ksatria bangsa Aria. Mahabharata melukiskan perang saudara antara Pandawa dengan Kurawa. Dalam Epos ini terdapat bagian yang disebut Bhagawatgita (nyanyian Tuhan). Bagian ini dianggap sebagai kitab suci bagi orang Hindu.

Sedangkan kitab Ramayana digubah oleh Walmiki. Epos ini berbentuk syair yang sisinya melukiskan kepahlawanan Rama dan kesetiaan seorang istri, yaitu Shinta.

Selain Kitab Mahabharata dan Ramayana, ada 2 kitab lagi yang dihasilkan bangsa Aria. Dua kitab tersebut adalah Kitab Brahmana dan Kitab Upanishad. Kitab Brahmana merupakan penjelasan dari kitab suci Weda. Sedangkan Kitab Upanishad berisi petunjuk agar orang dapat mencapai moksa (kebahagiaan langgeng/abadi).

Langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner