Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organisasi negara-negara non-Blok

Perkembangan setelah berakhirnya Perang Dunia 2 di dunia ini lahir dua blok. Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur sebagai Blok Sosialis-Komunis dipimpin oleh Uni Sovyet. Dua blok ini merupakan 2 kekuatan raksasa dunia yang saling bersaing. Hal ini telah menyebabkan adanya berbagai ketegangan dunia yang dikenal sebagai perang dingin.

Melihat perkembangan seperti itu, maka negara-negara yang sedang berkembang yang tidak masuk dalam salah satu blok perlu mengurus diri sendiri. Dibentuklah suatu organisasi yang mengurus kerja sama dan persatuan di antara negara-negara yang sedang berkembang itu.
Gambar Peta negara-negara Blok Timur.

Organisasi ini lazim disebut dengan Organisasi non-Blok. Lahirnya organisasi non-Blok ini sekaligus sebagai usaha untuk meredakan ketegangan dunia yang disebabkan persaingan Blok Barat dan Blok Timur.

Untuk menyatakan kehendak dan memperkokoh rasa persatuan di antara negara-negara non-Blok itu, diadakan KTT. Pemrakarsa dari KTT non-Blok ini adalah Presiden Tito dari Yugoslavia dan Presiden Gamal Abdul Nasser dari Mesir. Indonesia yang menganut politik bebas aktif mendukung sepenuhnya ide KTT ini.

Baca juga: KTT non-Blok lanjutan

Kunjungi: Sejarah Dunia Lainnya
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com

Post a Comment for "Organisasi negara-negara non-Blok"