Thursday, July 25, 2013

Tentang Negara Filipina

Hal-hal yang perlu anda ketahui tentang negara Filipina adalah:
  • Luas wilayah : 300.324 km persegi
  • Ibu kota : Manila
  • Bentuk pemerintahan : Republik
  • Hari kemerdekaan : 12 Juni
  • Kepala negara : Presiden
  • Presiden : Noynoy Aquino
  • Lagu kebangsaan : Lupang Hanirang
  • Jumlah penduduk : 103.775.002
  • Bahasa : Inggris, Tagalog
  • Agama mayoritas penduduk : Katolik
  • Mata uang : Peso
  • Bandar udara internasional : Ninoy Aquino
  • Perusahaan penerbangan : Philippines Airlines (PAL)
Pemerintahan
Nama Filipina (Philippines) berasal dari nama raja Spanyol, yaitu : Philips. Filipina pernah dijajah Spanyol selama 350 tahun lebih, sejak tahun 1521. Pada tanggal 12 Juni 1898 Emilio Aguinaldo memproklamasikan kemerdekaan negara ini. Hal ini terjadi saat negara Spanyol kalah perang dengan Amerika Serikat. Namun ternyata Pilipina jauh dari arti merdeka yang sebenarnya, karena kemudian Amerika Serikat menguasai Filipina berdasarkan Perjanjian Paris, Desember 1898.

Sejak itu Filipina berada di bawah kekuasaan Amerika sampai memperoleh kemerdekaannya lagi pada tanggal 4 Juli 1946. Sekarang hari kemerdekaan diperingati setiap tanggal 12 Juni, sedangkan tanggal 4 Juli diperingati sebagai hari Persahabatan Filipina dan Amerika (Philippines-American Friendship Day)/ Itulah sebabnya nama-nama orang Filipina menggunakan nama-nama orang Spanyol, tetapi gaya hidup dan sistem politiknya seperti orang Amerika Serikat.

Sejak Februari 1986 Corazon (Cory) Aquino menjadi Presiden Filipina menggantikan Ferdinand E. Marcos melalui revolusi "Kekuatan Rakyat" (people power). Cory adalah istri mendiang Benigno (Ninoy) Aquino, lawan politik Marcos, yaitu tertembak waktu menginjakkan kaki kembali ke Filipina dari pengasingannya di Amerika Serikat, tanggal 21 Agustus 1983. Kemudian Marcos hidup dalam pengasingannya di Hawaii salah satu negara bagian negara bagian Amerika Serikat.
Update : Silahkan lihat petanya di sini.

Keadaan geografi
Letak negara Filipina di sebelah utara Indonesia dan sebelah timur Hongkong. Dengan daratan Benua Asia, Filipina dipsahkan oleh Laut Cina Selatan, di timur adalah Samudera Pasifik dengan Indonesia dipisahkan oleh Laut Sulawesi, dengan Malaysia Timur oleh laut Sulu. Secara astronomis Filipina terletak antara 4 derajat Lintang Utara - 21 derajat Lintang Utara dan 116 derajat Bujur Timur - 228 derajat Bujur Timur.

Filipina merupakan negara kepulauan, terdiri atas 7.000 pulau. Tetapi hanya sekitar 1.000 pulau saja yang didiami manusia. Pula-pulau yang agak besar adalah pulau: Luzon, Mindoro, Samar, Panay, Negros, Palawan, Leyte, Mindanao, Masbate, Cebu, dan Pulau Bohol. Pulau terbesar adalah pulau Luzon di ujung utara dan pulau Mindanao di ujung selatan.

Manila adalah ibu kota negara Filipina terletak di Pulau Luzon. Negara ini memiliki banyak gunung berapi, diantaranya 12 gunung berapi yang masih aktif. Gunung Mayon di Pulau Luzon terkenal karena sering meletus. Di Filipina setiap tahun selalu terjadi taifun, yaitu hujan deras yang disertai dengan angin kencang. Angin Taifun bertiup dari Samudera Pasifik menuju Laut Cina Selatan.

Penduduk
Filipina merupakan negara agraris. Oleh karena itu mata pencaharian penduduk yang utama adalah pertanian. Hasil pertanian utama adalah padi. Lembaga Penelitian Padi Internasinal (International Rice Research Institute) terdapat di Los Banos. Lembaga penelitian ini bertujuan menemukan bibit padi unggul. Hasil pertanian/perkebunan lainnya adalah tembakau, tebu, kelapa, nenas dan pisang. Hasil tambang dari Filipina adalah emas, perak, mangan, bijih besi dan tembaga.

Ekspor Filipina tahun 1986 mencapai US$ 4.842 juta dan impornya US$ 5.394 juta. Pendapatan nasionalnya (1985) adalah US$ 90.500 juta.

Hubungan Filipina dan Indonesia
Filipina adalah salah satu negara anggota dan pendiri ASEAN. Antara INdonesia dengan Filipina telah lama menjalin hubungan dagang.

Indonesia mengekspor minyak bumi mentah, besi, baja, alumunium. Sedangkan ekspor Filipina ke INdonesia berupa gula, kopara. Nilai ekspor Indonesia ke Filipina pada tahun 1987 mencapai US$ 59.7 juta, dan nilai impornya adalah US$ 118.4 juta.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Supriyadi Pro, Published at Thursday, July 25, 2013 and have 0 komentar
Related Post