Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang negara Pakistan

Hal-hal yang perlu diketahui

Hal-hal yang perlu diketahui tentang Pakistan adalah :
  • Luas wilayah : 803.943 km persegi
  • Ibu kota : Islamabad
  • Bentuk pemerintahan : Republik
  • Hari Kemerdekaan : 14 Agustus
  • Kepala Negara : Presiden
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Presiden : Mamnun Hussain
  • Perdana Menteri : Nawaz Sharif
  • Lagu kebangsaan : Blessed be the Sacred Land
  • Jumlah Penduduk (2013) : 190.291.129 jiwa.
  • Bahasa : Urdu, Inggris
  • Agama mayoritas penduduk : Islam
  • Mata uang : Rupee
  • Bandar udara internasional : Islamabad Airport dan Karachi Airport
  • Perusahaan penerbangan : Pakistan International Airlines
Gambar ilustrasi negara Pakistan


Pemerintahan

Sebelum merdeka, Pakistan menjadi satu dengan India, yang dikenal dengan sebutan Asia Muka atau Hindia Muka. Memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tanggal 14 Agustus 1947, menjadi negara republik Islam, dengan ibu kota Islamabad. Daerahnya meliputi sebelah barat dan sebelah timur India, sehingga Pakistan memiliki wilayah Pakistan Barat dan Pakistan Timur.

Karena terjadi pergolakan politik, kemudian Pakistan Timur memisahkan diri dan menjadi negara merdeka sendiri tahun 1971, yaitu negara Bangladesh. Saat ini Presiden dijabat oleh Mamnun Hussain. Salah satu presiden Pakistan pernah mengalami kecelakaan fatal, sehingga meninggal dunia, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1988 pesawat yang ditumpangi Presiden Mohammad Zia Ul-Haq meledak.

Pemilu tanggal 16 November 1988 mengantarkan Benazir Bhutto menjadi Perdana Menteri Pakistan. Benazir Bhutto tercatat sebagai Perdana Menteri wanita termuda di dunia. Benazir yang artinya "tak ada duanya", adalah putri dari Zulfikar Ali Bhutto, mantan Perdana Menteri yang digulingkan oleh Zia Ul-Haq dan kemudian dihukum gantung.

Keadaan geografi

Pakistan terletak antara 20 derajat LU - 37 derajat LU dan 66 derajat BT - 75 derajat BT. Karena letak lintangnya itu Pakistan memiliki 2 macam iklim. Pakistan bagian utara mempunyai iklim subtropis, dan Pakistan bagian selatan beriklim muson tropis.

Pakistan merupakan daerah dataran rendah, yaitu lembah Sungai Indus atau Sindhu. Sungai ini menjadi urat nadi kehidupan masyarakat sekitar. Daerah hulu Sungai Indus adalah Punjab yaitu merupakan daerah pertanian yang luas dan subur. Punjab sendiri berarti daerah lima sungai, yaitu: Chenab, Rasi, Beas, Jhelum dan Satly.

Di sebelah tenggara adalah Gurun Tharr yang merupakan pembatas dengan India, di sebelah barat adalah Pegunungan Hindukush yang membatasi Pakistan dengan Afganistan.

Penduduk

Jumlah penduduk Pakistan saat ini (2013) 190.291.129 jiwa, yang sebagian besar beragama Islam. Karena faktor agama inilah Pakistan kemudian melepaskan diri dari India yang mayoritas penduduknya beragama Hindhu. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Urdu dan Inggris.

Perekonomian

Pakistan adalah negara agraris, hasil pertanian yang penting ialah beras, kapas, gula dan gandum. Industrinya belum begitu maju, namun dari industri telah dihasilkan tekstil, pupuk dan bahan-bahan kimia untuk diekspor.

Ekspor-ekspor dilakukan melalui pelabuhan laut Karachi. Nilai ekspornya pada tahun 1986 mencapai US$ 3.306 juta, sedangkan impornya mencapai US$ 5.373 juta. Pendapatan nasionalnya (1985) adalah US$ 83.500 juta.

Hubungan dengan Indonesia

Hubungan dengan Indonesia cukup baik, terbukti ketika Presiden Mohammad Zia Ul-Haq meninggal sewaktu pesawat terbang yang ditumpanginya meledak tanggal 17 Agustus 1988. Presiden Soeharto menyampaikan ucapan bela sungkawa dan mengutus Wakil Presiden Sudharmono mewakili seluruh bangsa Indonesia datang melayat ke Pakistan. Sebagaimana juga India, Pakistan juga merupakan negara sponsor Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Baca juga beberapa negara tetangga Pakistan: