Saturday, August 3, 2013

Tentang Negara Papua Nugini

Hal-hal yang perlu diketahui tentang Negara Papua Nugini adalah :
  • Luas wilayah : 461,691 km persegi
  • Ibu kota : Port Moresby
  • Bentuk pemerintahan : Dominion Commont wealth)
  • Hari kemerdekaan : 16 September
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Perdana Menteri : Peter O'Neill
  • Lagu kebangsaan : O Arise All You Sons
  • Jumlah Penduduk : 7,014 juta (2011) jiwa
  • Bahasa : Inggris, Pidgin dan Hiri Motu
  • Agama mayoritas penduduk : Katolik, Kristen Protestan
  • Mata uang : Kina
  • Bandar udara internasional : Jackson
  • Perusahaan penerbangan : Air Niugini
Pemerintahan
Negara tetangga Indonesia yang terdekat di sebelah timur adalah Papua Nugini (Papua New Guinea), yang terletak di Pulau Irian bagian timur serta beberapa pulau lain di sekitarnya. Pulau-pulau tersebut antara lain: New Britain, New Ireland, Bougainville, Mnus dan Kepulauan Louisiade.

Pada mulanya, Papua Nugin terdiri atas dua bagian, yaitu :
1. Daerah Trustee (perwalian), yaitu Irian Timur Laut dengan ibu kota Salamaua.
2. Daerah Territorium 9bagian suatu negara federasi yang langsung diperintah oleh pemerintah pusat), yaitu Papua dengan ibu kota Port Moresby.

Kemudian pada tahun 1945 kedua daerah itu dipersatukan secara administratif, tetapi kedudukannya masng-masing tidak berubah. Papua memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 16 September 1975 dari pemerintah Australia, dan kemudian bernama Papua Nugini. dengan ibu kota Port Moresby.

Negara yang pernah menjajah Papua Nugini adalah Inggris, yang kemudian pada tahun 1906 menyerahkan kepada Australia sampai saat pemberian kemerdekaan tahun 1975. Perdana Menteri pertama adalah Michael Somare. Tahun 1980 diganti oleh Sir Julius Chan, yang kemudian diganti lagi oleh Michael Somare pada pemilihan umum Juni 1982, kemudian Paias Wingti. Sekarang Perdana Menterinya Peter O'Neill. Negara ini termasuk anggota Persemakmuran dan Ratu Elizabeth sebagai kepala negaranya.

Keadaan geografi
Papua Nugini beriklim khatulistiwa yang panas dan basah sepanjang tahun. Sebagian besar daratan tertutup oleh hutan hujan tropis. Dan seperti juga daerah Irian Jaya, Papua Nugini terdiri atas pegunungan tinggi yang membujur dari arah barat lau ke tenggara, Bahkan puncak-puncak gunung yang tinggi tertutup oleh salju.


Penduduk
Sebagian besar penduduk Papua Nugini adalah bangsa Melanesia yang berkulit hitam dan berambut keriting, seperti orang Irian Jaya. Hanya sebagian kecil saja penduduk keturunan Cina, Eropa dan Polenisia. Penduduknya terutama tinggal di daerah pantai pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Perekonomian
Hasil pertanian Papua Nugini adalah sagu, ubi dan talas, padi, kacang dan buah mete. Dari hasil perkebunan dapat mengekspor cokelat, kopi, kelapa dan karet. Hasil tambang yang utama adalah tembaga yang dapat diekspor.

Hubungan dengan Indonesia
Walaupun Papua Nugini bukan negara Asean, hubungannya dengan Indonesia cukup erat, pemimpin kedua negara saling berkunjung secara periodik untuk mempererat hubungan serta kerjasama di segala bidang. Wilayah Papua Nugini berbatasan langsung dengan wilayah Indonesia (Irian Jaya). UNtuk menghindari kesalahpahaman mengenai daerah perbatasan, maka pada bulan Agustus 1979 telah ditandatangani perjanjian mengenai pemetaan serrta pemasangan tanda batas sepanjang perbatasan.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Supriyadi Pro, Published at Saturday, August 03, 2013 and have 0 komentar
Related Post