Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukti globalisasi di masyarakat Indonesia

Bukti globalisasi di masyarakat Indonesia

Bukti globalisasi di masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:

Penggunaan Handphone

Salah satu catatan sejarah globalisasi masuk di masyarakat Indonesia adalah penggunaan handphone. Memasuki awal dasawarsa 2000-an, handphone telah menjadi salah satu kebutuhan sebagian besar masyarakat. Bukan hanya orang dewasa yang menggunakan alat komunikasi ini, tetapi juga anak-anak.

Kondisi tersebut sangat jauh berbeda dengan dasawarsa 1990-an. Pada masa tersebut handphone hanya dimiliki segelintir orang, yang bisa dibilang hanya dimiliki oleh orang kaya.

Maraknya Warnet (Warung Internet)

Contoh lain dari globalisasi di masyarakat adalah banyaknya warung internet atau yang tenar disebut warnet. Sepuluh atau lima belas tahun yang lalu, manusia belum memikirkan pentingnya internet. Namun, saat ini manusia dapat memperoleh berbagai informasi dengan mudah dan cepat melalui jaringan internet. Hal ini akan menjadikan catatan sejarah untuk anak cucu kita di masa mendatang, paling tidak mereka akan bertanya, kapan dunia internet dikenal masyarakat indonesia.

Pilihan hiburan yang lengkap

Bukti lain dari terjadinya globalisasi di masyarakat adalah pilihan hiburan bagi masyarakat. Kita dapat dengan mudah menyaksikan film atau pun musik mancanegara. Kita mungkin lebih hafal cerita atau lagu mancanegara ketimbang cerita legenda ataupun lagu-lagu daerah di tanah air Indonesia.

Kemudahan Sarana Transportasi

Dibidang transportasi, bukti globalisasi dapat ditunjukkan melalui kemudahan masyarakat dalam memperoleh berbagai macam sarana transportasi. Pesawat terbang dengan mesin jet dan kereta api cepat menjadi bukti perkembangan globalisasi dibidang transportasi.

Peristiwa-peristiwa di atas hanya sebagian kecil dari bukti terjadinya globalisasi dalam masyarakat Indonesia. Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa globalisasi dapat terjadi di berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Baca juga: