Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Maurice Felix Charles Allais peraih Nobel Ekonomi tahun 1988

Biografi. Maurice Felix Charles Allais lahir di Paris pada tanggal 31 Mei 1911 dan meninggal di Saint Cloud pada tanggal 9 Oktober 2010. Ia adalah seorang ekonom Prancis yang mendapatkan anugerah Nobel Ekonomi pada tahun 1988 atas pengembangan prinsip-prinsip untuk membimbing harga yang efisien dan alokasi sumber daya dalam perusahaan monopoli besar.

Allais adalah anak seorang penjual keju di sebuah kedai Prancis. Walaupun kehidupan keluarganya tidak didukung dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni, ia tetap menjadi sosok yang mampu melahirkan pemikiran cemerlang. Ia adalah ekonom lulusan Ecole Polytechnique di Paris.

Gambar Maurice Felix Charles Allais
Maurice Felix Charles Allais

Ia juga belajar di Ecole Nationale des Superieure, Paris. Latar pendidikannya telah menempatkan dirinya sebagai ekonom ulung. Ia menerima gelar doktor dari Universitas Paris. Ia pun mengajar di berbagai universitas di Paris.

Allais adalah sosok ekonom yang beratribusi besar terhadap teori keputusan, kebijakan, dan moneter. Karya-karyanya banyak dituliskan dalam bahasa Prancis. Akan tetapi, sepertinya ia enggan menuliskannya dalam bahasa Inggris.

Menurut Paul Samuelson (peraih Nobel Ekonomi tahun 1970-an), jika Allais menulis dalam bahasa Inggris, maka suatu generasi teori ekonomi yang ada muncul melalui jalan yang berlainan.

Baca juga: 2 karya Teori Ekonomi Allais

Sebelumnya, karya Allais memang kurang populer di kalangan akedemisi, karena masalah penulisan bahasa yang menggunakan bahasa Prancis. Namun demikian, karyanya tetap memberikan kontribusi besar bagi dunia, dan dunia mencatat hal ini sebagai penemuan baru. Ia menjadi ekonom yang melahirkan teori besar dalam bidang ekonomi. Hingga akhirnya ia menjadi ekonom peraih Nobel Ekonomi tahun 1988.