Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep kronologi dalam ilmu sejarah

Konsep kronologi dalam ilmu sejarah - Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia.

Kehidupan umat manusia diliputi oleh berbagai perkembangan, baik dalam taraf yang sangat sederhana sampai kepada taraf yang lebih kompleks.

Bahkan, setiap masa dalam kehidupan umat manusia selalu diliputi oleh berbagai peristiwa peristiwa. Peristiwa itu bisa besar seperti:

Ilmu sejarah - Bisa juga peristiwa kecil yang mencakup sebagian kecil dari umat manusia, seperti kenaikan tahta seorang raja, perkawinan dua orang berlawanan jenis dan lain sebagainya.
Konsep kronologi dalam ilmu sejarah

Dengan kompleksnya peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan umat manusia pada setiap masa, maka setiap peristiwa perlu diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan jenis-jenis peristiwa tersebut. Peristiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan tersebut disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu kejadian dari peristiwa-peristiwa tersebut.

Dengan demikian, konsep kronologi adalah suatu konsep dalam ilmu sejarah yang sangat penting manfaatnya. Tanpa konsep kronologi ini, penyusunan peristiwa-peristiwa sejarah akan mengalami kerancuan dan dikhawatirkan bahwa peristiwa yang terjadi dari satu masa atau zaman akan masuk ke bagian masa atau zaman yang lain.