Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Kalimantan Timur lengkap

Letak Geografis Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur lengkap - Kalimantan Timur merupakan salah satu dari 34 provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan bagian timur dan acap kali disebut Kaltim yang beribukota di Samarinda. Konon Kaltim merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terendah di Indonesia dengan luas wilayahnya kurang lebih 129.066,64 km persegi.

Dahulu, wilayah provinsi ini hampir dipenuhi hutan lebat, yang disebut hutan hujan tropis. Di Kalimantan Timur menyimpan sejarah ketika Nusantara ini belum merdeka, di sana pernah berdiri kerajaan Hindu, yaitu Kerajaan Kutai.

Mengenai sejarah Kutai selengkapnya bisa anda baca di : Sejarah Kerajaan Kutai

Hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah prasasti yang berbentuk yupa. Benda peninggalan tersebut di temukan di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Tulisan yang tertera pada Prasasti menggunakan huruf Pallawa berbahasa Sansekerta.

Selengkapnya mengenai peninggalan Hindu silahkan baca di : 4 peninggalan sejarah bercorak agama Hindu

Pintu Gerbang Universitas Widyagama Mahakam Samarinda
Universitas Widyagama Mahakam Samarinda, merupakan salah satu Sekolah tinggi favorit di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.
Terbentuknya Provinsi Kalimantan Timur sebagai wilayah administrasi berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956, gubernur yang pertama kali memimpin adalah APT Pranoto. Sedangkan daerah-daerah Tingkat II di wilayah KalTim, terbentuk berdasarkan UU No. 27 Tahun 1959, yaitu Tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan.

Peta Kalimantan Timur

Gambar Peta Kalimantan Timur lengkap dan berwarna
Gambar Peta Kalimantan Timur lengkap

Peta Kalimantan Timur Jelas

Jika peta di atas kurang jelas, silahkan lihat peta di bawah ini:
Gambar Peta Kalimantan Timur 2018

image: Peta atlas Kalimantan Timur



Untuk mengetahui peta Provinsi Kaltim secara detail silahkan baca: Peta Atlas Kalimantan Timur

Seperti terlihat pada peta di atas, wilayah Kalimantan Timur berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian barat), Kalimantan Utara (bagian utara), Kalimantan Tengah (bagian barat daya), Kalimantan Selatan (bagian selatan). Sedangkan bagian timur berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan Selat Makassar.

Sampai saat Sejarah Nasional dan Dunia menuliskan ini, wilayah Kaltim dibagi dalam tujuh kabupaten dan tiga kota administratif. Selengkapnya bisa anda lihat pada tabel di bawah ini :

Kabupaten dan Kota Kalimantan Timur: Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Samarinda


Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Kalimantan Timur, semoga memberi manfaat.