Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Berdiri Mesin Pencari ALTAVISTA

Altavista.com adalah salah satu veteran search engine terbesar. Selama bertahun-tahun, sebelum kelahiran situs-situs search engine di atas, Altavista.com merupakan search engine yang cukup diperhitungkan. Pada masa jayanya, Altavista.com mampu menampilkan serangkaian informasi dari database situs lain, semisal dari AskJeeves.com, RealNames.com dan LookSmart.com.

Tetapi pada Mei 2001, kejayaan tersebut mulai luntur sehingga banyak dari tambahan informasi tersebut lenyap atau tidak muncul sebagai mestinya. Altavista.com pada awal Maret 2002 mengklaim dirinya telah memasukkan sekitar 500 juta informasi dan situs ke databasenya, tetapi Searchenginesshowdown.com menyatakan hanya sekitar 397 juta buah.

Sejarah Berdiri Mesin Pencari ALTAVISTA

Selain mencari informasi di situs, Altavista.com dilengkapi dengan database informasi tentang gambar, MP3/audio, video, direktori dan berita. Keunggulan search engine ini adalah kemampuannya melakukan operasi Boolean AND, OR, NOT dan AND NOT.

Kelemahannya adalah tidak banyak file komputer yang bisa diaksesnya, semisal file PDF. Alltheweb.com mampu mencari informasi ke konten dengan 15 bahasa dunia yang berbeda, tanpa bahasa Indonesia. Tersedia form isian bagi yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database Altavista.com.

AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah.

Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier, yang menulis crawler, dan Michael Burrows, yang menulis pengindeks. Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.

Saat peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang mengaturnya depan mesin pencari lainnya; Ini digunakan cepat, multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada saat itu dan berjalan efisien pencarian back-end pada hardware lanjut.

Pada tahun 1998, digunakan 20 multi-prosesor mesin menggunakan-bit 64 DEC Alpha prosesor. Bersama-sama, mesin back-end memiliki 130 GB RAM dan 500 GB hard disk space, dan menerima 13 juta query per hari. Ini AltaVista membuat pertama dicari, full-text database dari sebagian besar dari World Wide web .

Fitur yang membedakan AltaVista adalah antarmuka minimalis dibandingkan dengan mesin pencari lain waktu, sebuah fitur yang hilang ketika menjadi sebuah portal, namun kembali ketika upaya memfokuskan kembali pada fungsi pencarian.

AltaVista situs adalah sebuah kesuksesan. Lalu lintas terus meningkat dari 300.000 hits di hari pertama lebih dari 80 juta hits sehari dua tahun kemudian.Kemampuan untuk mencari web, dan itu layanan AltaVista khususnya, menjadi subyek berbagai artikel dan bahkan beberapa buku. AltaVista sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web, dan pada tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50 juta dalam sponsor pendapatan .

Pada tahun 1996, AltaVista menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo! . Pada tahun 1998, Digital dijual ke Compaq dan pada tahun 1999, Compaq AltaVista diluncurkan kembali sebagai web portal , berharap untuk bersaing dengan Yahoo!.

AltaVista ditinggalkan dan halaman pencarian efisien terfokus pada fitur seperti belanja dan gratis. Pada bulan Juni 1998, Compaq dibayar AltaVista Teknologi Incorporated ("ATI") $ 3,3 juta untuk yang nama domain altavista.com - Jack Marshall, salah seorang pendiri ATI, telah mendaftarkan nama pada tahun 1994.

Pada bulan Juni 1999, Compaq menjual saham mayoritas di AltaVista ke CMGI, sebuah perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan penawaran umum perdana atas AltaVista berlangsung pada bulan April 2000, tetapi sebagai gelembung internet runtuh, IPO tersebut dibatalkan.

Sementara itu, menjadi jelas bahwa strategi ini AltaVista portal tidak berhasil, dan layanan pencarian mulai kehilangan pangsa pasar, terutama untuk Google. Setelah serangkaian PHK dan perubahan manajemen, AltaVista secara bertahap gudang fitur portal dan kembali fokus pada pencarian.

Pada tahun 2002, AltaVista telah meningkatkan kualitas dan kesegaran hasil dan didesain ulang antarmuka pengguna. Pada Februari 2003, Altavista dibeli oleh Overture Services, Inc Pada bulan Juli 2003, Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo.

Kelebihan Altavista
Kelebihan lain dari Altavista yang tidak dimiliki oleh search engine lain, adalah adanya fasilitas sebagai berikut:
  1. “spelling checker” yang secara otomatis dapat menginformasikan keyword pencarian yang salah dan membetulkannya tanpa melakukan pencarian ulang.
  2. Fasilitas “translate” dari beberapa bahasa ke bahasa yang lain, baik dokumen dari hasil penelusuran maupun dokumen pribadi,menjadikan Altavista search engine yang inovatif, dan favorit.
  3. Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, danfile audio lainnya.
  4. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.

Kekurangan Altavista
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

Referensi: http://tugasptikkelompok9.blogspot.com/2010/10/sejarah-altavista.html
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com