Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Negara Malaysia

Hal-hal yang perlu diketahui

Hal-hal yang perlu diketahui tentang Malaysia:
  • Luas wilayah : 329.749km persegi
  • Ibu kota : Kualalumpur
  • Bentuk pemerintahan : Kerajaan (Kesultanan)
  • Hari kemerdekaan : 31 Agustus
  • Kepala Negara : Yang Dipertuan Agung (diplih sekali lima tahun)
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Kepala Pemerintahan : Datuk Seri Najib Tun Razak
  • Lagu kebangsaan : Negaraku
  • Jumlah penduduk : 28,3 juta jiwa
  • Bahasa : Malaysia dan Inggris
  • Agama mayoritas penduduk : Islam
  • Mata uang : Ringgit (dollar Malysia (M$)
  • Bandar udara Nasional : Payalebar
  • Perusahaan penerbangan : Malaysia Airline System (MAS)

Dasar negara Malaysia

Jika di Indonesia ada Pancasila yang memuat sila dasar, ternyata Malaysia juga memiliki dasar yang disebut "Rukun Negara". Rukun Negara Malaysia juga memuat 5 sila, yaitu sebagai berikut :
  1. Kepercayaan Kepada Tuhan
  2. Kesetiaan kepada raja dan negara
  3. Keluhuran perlembagaan
  4. Kedaulatan Undang-undang
  5. Kesopanan dan kesusilaan

Bendera Malaysia

    Bendera Negara Malaysia


    Pemerintahan Negara Malaysia

    Malaysia merupakan bekas jajahan Inggris yang memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus 1957.

    Malaysia terdiri atas 9 kesultanan (diperintah oleh Sultan) dan 4 negara bagian (diperintah oleh Yang Dipertuan Negeri atau Gubernur).

    Kesultanan di Malaysia adalah : Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis dan Trengganu.

    Negara bagian di Malaysia adalah : Malaka, Pulau Penang, Sabah dan Serawak.

    Keadaan geografi Negara Malaysia

    Secara astronomis Malaysia terletak di antara : 1 derajat LU - 6 derajat LU dan 100 derajat BT - 119 derajat BT. Malaysia beriklim muson tropik.
    Wilayah Malaysia terbagi atas 2 bagian, yaitu :

    Malaysia bagian barat : terletak di daratan Asia Tenggara (Semenanjung Malaysia), di sebelah utara berbatasan dengan Muangthai, di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Johor dan Selat Malaka, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Laut Natuna, dan sebelah baratnya berbatasan dengan Selat Malaka.

    Malaysia bagian timur : terletak di Pulau Kalimantan bagian utara dan berbatasan dengan  Laut Cina Selatan dan Brunai Darusallam. Di sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulu, di sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Laut Natuna.

    Tentang Negara Malaysia


    Iklim Negara Malaysia

    Iklim Malaysia adalah iklim tropis yang panas dan lembab dengan amplitudo shu harian yang sangat relatif kecil. Musim hujan antara bulan Nopember sampai Maret yang dipengaruhi oleh angin musim Timur Laut.

    Bentang alam Negara Malaysia

    1. Malaysia Barat (Semenanjung Malaysia)
    Di bagian tengah terdapat deretan pegunungan, sisi timur sekitar pantai adalah dataran rendah yang berupa rawa-rawa dan hutan lebat, sedangkan sisi barat untuk pemukiman penduduk dan pertambangan. Sungai Perak dan Sungai Pohong adalah dua sungai utama di Semenanjung ini.

    2. Malaysia Timur (Serawak dan Sabah)
    Terdapat deretan pegunungan tinggi yang membentang dari Sabah hingga Serawak yang disebut Crocker. Gunung Kalibalu dengan ketinggian 4.094 meter yang terletak di negara bagian Sabah merupakan puncak tertinggi di Malaysia.


    Penduduk Negara Malaysia

    Penduduk Semenanjung Malaysia terdiri atas orang Melayu (50%), Cina (37%), India (11%). Sisanya adalah orang-orang Eropa, Erasia dan penduduk asli. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Malaysia yang hampir sama dengan bahasa Indonesia. Sejak tahun 1972 antara kedua negara telah sepakat untuk menggunakan satu sistem dalam pengucapan. Agama Islam merupakan agama resmi negara, tetapi penduduk  bebas mengamalkan agamanya masing-masing.

    Perekonomian Negara Malaysia

    Malaysia adalah negara agraris, yang menghasilkan padi, karet, kelapa sawit, kelapa dan nenas. Karet dan kelapa sawit merupakan ekspor nonmigas yang utama. Hasil hutan berupa kayu banyak dihasilkan di Sabah. Pelabuhan ekspor kayu adalah Sandakan dan Lahad Datu, yang juga menjadi pusat industri kayu lapis. Hasil tambang Malaysia adalah timah. bijih besi, bauksit dan minyak bumi. Bagi Malaysia, timah merupakan penghasilan kedua setelah karet. Pendapatan nasionalnya (1985) adalah US $ 57.100 juta.

    Kegiatan utama ekonomi Negara Malaysia

    1. Pertanian : terdapat di dataran alluval yang subur di Semenanjung Malaysia, Sabah dan Serawak.
    2. Perkebunan : Malaysia Barat menghasilkan karet, kelapa sawit dan kopra, terutama di Johor, Selangor dan Perak. Lada hitam terdapat di Malaysia Timur. Pelabuhan ekspor kayu di Sandahan dan Lahad Datu.
    3. Pertambangan : Malaysia merupakan penghasil timah terbesar di dunia, daerah penambangannya di Lembah Kinta. Pelabuhan ekspornya di Pelabuhan Kelang. Hasil tambang lain adalah minyak bumi, bijih besi, bauksit dan gas alam.

    Hubungan Negara Malaysia dengan Indonesia

    Di samping antara Malaysia dan Indonesia terdapat hubungan diplomatik, keduanya juga menjadi anggota dan pendiri ASEAN. Sejak pemerintahan Orde Baru di wilayah pimpinan Presiden Soeharto, antara Indonesia dan Malaysia terjalin hubungan kerjasama yang erat di berbagai bidang.

    - Kerjasama bidang ekonomi
    Telah disetujui hubungan lalu lintas timbal balik antara daerah-daerah Indonesia - Malaysia, baik lalu lintas udara maupun laut. Hubungan perdagangan tidak begitu besar, karena hasil-hasil pertanian dan pertambangan kedua negara hampir sama. Nilai ekspor Indonesia ke Malaysia tahun 1987 sebesar US $ 85,9 juta. Sedangkan nilai impor Indonesia dari Malaysia sebesar US$ 136,4 juta.

    - Kerjasama bidang kebudayaan
    Telah disetujui persamaan-persamaan istilah bahasa ilmu pengetahuan antara Indonesia-Malaysia. Selain itu, sejak 1970 Indonesia memberikan bantuan bidang kesehatan dan pendidikan kepada Malaysia dengan mengirimkan tenaga-tenaga dokter dan guru-guru. Antara kedua negara juga sudah diadakan kerjasama pertukaran acara televisi berupa "Titihan Muhibah".

    - Kerja sama bidang keamanan
    Kerja sama bidang keamanan dilakukan dalam menumpas gerombolan komunis yang mengganggu keamanan di daerah-daerah perbatasan Malaysia Timur dan Kalimantan wilayah Indonesia. Kedua negara kadang-kadang mengadakan latihan kemiliteran bersama, bahkan Malaysia mengirimkan beberapa pemudanya untuk mendapatkan pendidikan kemiliteran di Akademi Militer di Indonesia.

    Baca juga: Peta negara Malaysia 2018