Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekretariat Jenderal (Secretary General) PBB

PBB. Sekretariat Jenderal (Secretary General) PBB adalah satu badan yang mengurus administrasi Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, serta administrasi pada umumnya. Sekretariat Jenderal diketuai oleh seorang Skretaris Jenderal (sekjen) yang dipilih oleh Majelis Umum atas usul Dewan Keamanan untuk masa waktu 5 tahun.

Pejabat-pejabat yang pernah menjabat Sekretaris Jenderal PBB adalah :
1. Trygve Lie dari Norwegia (1946 - 1953 )
2. Dag Hammarskjold dari Swedia (1953 - 1961)
3. U Thant dari Birma (1961 - 1971)
4. Kurt Waldheim dari Austria (1971 - 1981)
5. Javier Peres de Cuellar dari Peru (1982)

Foto Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB
Antonio Guterres (Sekretaris Jenderal PBB)

Dari catatan di atas jabatan Sekjen PBB hanya sampai dengan nomor 5. Lalu siapa saja pejabat selanjutnya sampai tahun 2017 sekarang ini?

Silahkan baca : 10 Sekjen PBB dari tahun 1945 sampai 2017

Dalam menjalankan tugasnya Sekjen dibantu oleh 8 wakil serta staf dan pegawai-pegawai.

Anggaran Belanja

Sumber anggaran belanja diperoleh dari sumbangan para anggota yang ditetapkan oleh Sidang Umum. Anggota PBB ditetapkan menyumbang sebanyak antara 0,01% sampai 25% dari anggaran ; 18 negara menyumbang di atas 1% adalah Amerika Serikat, Uni Soviet (Rusia), Jepang, Jerman Barat, Jerman Timur, Inggris, Prancis, Italia, Kanada, Australia, Spanyol, Belanda, Belgia, RRC, Swedia, Brazil, Ukraina dan Polandia.

Anggaran belanja digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan, baik di pusat maupun di perwakilan-perwakilan di dunia. Selain itu para anggota juga dikenakan iuran untuk membiayai pasukan PBB.