Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab utama perang dunia 2

Sebab terjadinya Perang Dunia II berkait erat dengan akibat-akibat Perang Dunia I. PD I yang berakhir pada tahun 1918 melahirkan banyak perjanjian yang menyudutkan Jerman dan sekutunya.

Dalam kondisi yang demikian, tampillah Adolf Hitler yang terkenal dengan Partai Nazi-nya. Dia mengobarkan perasaan antiras yang mengakibatkan terbunuhnya berjuta-juta orang Yahudi di Jerman. Di bawah pimpinan Hitler, Perjanjian Versailles tidak ada artinya.

Sementara itu, di Italia muncul Benito Mussolini yang terkenal dengan Parta Fasisnya. Di bawah Mussolini Italia keluar dari Liga Bangsa-bangsa.

Penyerbuan Jerman ke Polandia

Penyebab utama meletusnya Perang Dunia 2 ialah penyerbuan Jerman ke Polandia pada tahun 1939. Serbuan itu dilakukan dalam rangka menjalankan politik Lebensraum yang artinya politik perluasan ruang hidup.

Foto Adolf Hitler
Adolf Hitler dengan Partai Nazi

Serbuan itu menyebabkan Inggris dan Prancis memaklumkan perang terhadap Jerman. Selanjutnya Jerman juga menyerang Norwegia pada bulan April 1940, Belanda bulan Mei 1940 dan Belgia akhir Mei 1940.

Jerman mempersiapkan pasukannya untuk menghadapi Prancis dan berhasil membobolkan pertahanan Prancis sepanjang 50 mil pada bulan Juni 1940. Usaha untuk menguasai Inggris melalui udara gagal berkat semangat dan tekad yang kuat untuk mempertahankan negara dibawah pimpinan Winston Churchil.

Jerman Kalah Perang

Jerman menyerbu Rusia pada bulan Juni 1941. Pada akhir tahun 1941, Jepang bergabung dengan Jerman dan Italia. Kemudian Negeri Sakura ini menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Amerika mendadak menyatakan perang. Sekutu mengalahkan Jerman di front Afrika Utara pada awal tahun 1943.

Jerman terusir dari Rusia pada tahun 1943. Amerika melakukan pemboman terhadap kota-kota industri di Jerman dan Italia. Pemerintahan Mussolini diguncang pemberontakan, dan hal ini turut mempercepat kekalahan Italia dalam Perang Dunia II.

Invasi Sekutu di Nomandia pada D-Day bulan Juni 1944 di bawah pimpinan Jenderal Eisenhower mengakhiri pendudukan Jerman di Prancis.

Sekutu di bawah pimpinan Mac Arthur mendesak kekuatan Jepang di Pasifik. Kota pusat industri Jepang, Nagasaki dan Hiroshima dijatuhi bom atom pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, melumpuhkan kekuatan Jepang. Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945.

Dengan menyerahnya Jepang, Jerman dan Italia berakhirlah Perang Dunia ke-2.

Kunjungi: Sejarah Dunia Lainnya