Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perang Dunia II di daratan Eropa

Seperti telah dibahas pada sejarah sebelumnya pada artikel Sebab umum dan khusus Perang Dunia II, bahwa pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia. Serangan ini menandai munculnya Perang Dunia II. Pendudukan Jerman atas Polandia menjadi ancaman bagi Uni Sovyet. Oleh karena itu, Uni Sovyet menyerang Polandia dari dari arah timur.

Tujuan serangan Uni Sovyet adalah untuk membendung andaman atau gerakan tentara Jerman ke daerah sebelah timur Polandia. Akhirnya Polandia diduduki oleh Jerman dan Uni Sovyet. Sedangkan Inggris dan Perancis tidak mampu menolong Polandia, meskipun kedua negara itu telah menyatakan perang kepada Jerman pada 3 September 1939.

Foto Perang Dunia II di daratan Eropa

Pada tanggal 10 Mei 1940, Jerman menyerbu Belanda, Belgia, dan Luxemburg. Serangan ini dilanjutkan ke Perancis pada awal bulan Juni 1940 melalui kota Sedan. Perancis yang diserang dari utara dan selatan tidak dapat mempertahankan diri dari serangan Jerman. Oleh karena itu Jenderal de Gaulle melarikan diri ke Inggris untuk membentuk pemerintahan pengasingan di London Inggris.

Jerman Gagal Menguasai Inggris

Jerman melanjutkan pertempuran di front Barat dengan menyerbu Inggris. Usaha untuk menguasai Inggris mengalami kegagalan karena beberapa sebab, antara lain sebagai berikut :
  1. Wilayah Inggris terpisah dari daratan Eropa, sehingga Jerman tidak dapat menyerang Inggris secara langsung.
  2. Inggris memiliki angkatan perang yang lebih baik dibandingkan negara-negara Eropa daratan.
  3. Inggris mendapat bantuan peralatan perang dari Amerika Serikat.
Atas dasar itu, Jerman bersama-sama dengan Italia dan Jepang menandatangani pakta pertahanan militer pada tanggal 27 September 1940, yang berisi kesepakatan untuk saling membantu apabila salah satu dari mereka diserang oleh negara lain.

Disamping front Barat, Perang Eropa juga terjadi di front Timur dengan pusat peperangan di wilayah yang memisahkan Jerman dan Uni Soviet. Pada tanggal 22 Juni 1941 Jerman melancarkan serangan ke arah timur dengan tujuan untuk menguasai Uni Soviet.

Serangan Jerman ke arah timur sangat merugikan Jerman, karena menyebabkan hubungan Uni Soviet dengan Perancis dan Inggris menjadi lebih dekat, sehingga kekuatan lawan menjadi lebih kuat. Perang di daratan Eropa ini berlanjut dengan Cerita Perang Pasifik

Kunjungi: Sejarah Dunia Lainnya