Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 versi kesimpulan asal usul bangsa Indonesia

Prasejarah. Berdasarkan teori-teori dari para ahli yang telah dibahas pada artikel prasejarah 11 pendapat ahli tentang asal usul bangsa Indonesia, dapat disimpulkan bahwa bangsa yang menempati daerah di Kepulauan Indonesia ini dibagi menjadi 2 versi, yaitu sebagai berikut :

1. Bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri

Kesimpulan ini menunjuk pada pendapat yang dikemukakan Moh. Yamin yang didukung dengan penemuan fosil-fosil maupun artefak-artefak tertua di wilayah Indonesia.

Foto Mohammad Yamin
Mohammad Yamin berpendapat bahwa Bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri

Dari hasil penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat awal Indonesia berasal dari daerah di Indonesia sendiri yang kemudian menyebar ke daratan Asia. Selain itu, tidak banyak penemuan fosil manusia purba di daerah Asia lainnya.

Salah satu fosil yang ditemukan di daratan Cina disebut Sinanthropus pekinensis diperkirakan hidup sezaman dengan Pithecanthropus erectus dari Indonesia. Adapun daerah-daerah lain di Asia hingga saat ini belum berhasil ditemukan fosil-fosil manusia purba.

2. Bangsa Indonesia berasal dari daratan Asia

Melalui jejak-jejak sejarah yang berhasil diteliti diketahui bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan Selatan. Dari daerah Yunan inilah mereka menyebar ke arah selatan hingga sampai di daerah Kepulauan Indonesia.