Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zaman Tersier

Pada zaman tersier berkembang binatang-binatang menyusui, sedangkan reptil-reptil raksasa lambat laun lenyap. Sejak zaman paleosen mulai tampak makhluk primata (binatang menyusui serupa kera). Pada masa miosen ada orang utan, sedangkan pada zaman pliosen sekitar 10 juta tahun yang lalu hidup hewan yang lebih besar daripada gorilla yag disebut Giganthropus (kera manusia raksasa).

Pada zaman Tersier ini dibagi menjadi beberapa masa, yaitu :
  1. Zaman Paleosen
  2. Zaman Oasen
  3. Zaman Oligosen
  4. Zaman Miosen
  5. Zaman Pliosen

Gambar ilustrasi Zaman Tersier
Gambar ilustrasi Zaman Tersier

Giganthropus ditemukan di bukit Siwalik di kaki gunung Himalaya dan di dekat Simia (India utara). Giganthropus hidup berkelompok, sehingga mereka biasa berkembang biak dan menyebar dari Afrika ke Asia selatan dan asia Tenggara, namun akhirnya Giganthropus punah karena sebab yang tidak jelas.

Selain Giganthropus juga ada makhluk lain yang disebut Australopithecus (kera manusia dari selatan, yang ditemukan di Afrika Selatan dan Afrika Timur. Pada zaman eosen akhir di Kalimantan Barat ditemukan fosil hewan vertebrata, yaitu Anthracotherium dan Choeromous (sebangsa babi purba) yang ditemukan di Asia Daratan. Penemuan fosil ini membuktikan bahwa zaman eosen akhir, Kalimantan Barat bergabung dengan daratan Asia.

Demikian sekilas ulasan tentang Zaman Tersier, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Selanjutnya Zaman Kuarter pertama