Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tokoh sejarah Kerajaan Gowa-Tallo

Web Sejarah - Kerajaan Gowa dan Tallo merupakan kerajaan kembar yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Kedua kerajaan ini letaknya berdekatan. Beberapa raja atau Sultan yang pernah berkuasa pada masa kerajaan Gowa dan Tallo adalah sebagai berikut :

1. Karaeng Matoaya

Karaeng Matoaya merupakan raja Tallo yang merangkap sebagai mangkubumi Kerajaan Gowa, dan bergelar Sultan Abdullah dengan julukan Awalul Islam.

2. Sultan Alaudin

Sultan Alaudin merupakan raja Gowa yang memiliki nama asli Daeng Manrabia.

Raja Gowa dan Tallo disebut Penguasa Dwitunggal. Mereka dengan gigih memimpin kerajaan.

3. Sultan Muhammad Said

Sultan Muhammad Said merupakan pengganti Sultan Alaudin. Ia meneruskan perjuangan ayahnya dan terus berjuang melawan Belanda. Ia wafat pada tahun 1653.

4. Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin adalah putra Sultan Muhammad Said yang memerintah dari tahun 1653 sampai 1669.

5. I Mappasomba

I Mappasomba adalah pengganti Sultan Hasanuddin. Ketika menjadi raja, ia masih berusia 13 tahun. Ia bergelar Sultan Amir Hamzah. Beliau wafat pada tanggal 7 Mei 1674. Penggantinya adalah Sultan Ali. Namun, kerajaan pada masa ini sudah tidak berkembang lagi.

Tokoh sejarah yang terkenal pada masa Kerajaan Gowa-Tallo adalah Sultan Hasanuddin. Ia merupakan raja yang sangat gigih dalam melawan penjajah. Dia tidak mau diajak kerja sama dengan penjajah.

Beberapa bentuk perlawanan Sultan Hasanuddin terhadap Belanda bisa anda baca pada artikel sejarah Perlawanan Sultan Hasanuddin terhadap voc di Makassar

Demikian tokoh sejarah Kerajaan Gowa-Tallo, semoga menjadi catatan sejarah nusantara.