Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumpun Bahasa Penduduk Benua Asia

Rumpun Bahasa Penduduk Benua Asia - Bahasa dan dialek yang digunakan penduduk Asia sangat beragam. Malahan, di beberapa kawasan Asia, penduduk suatu daerah dapat tidak saling mengerti dengan penduduk daerah tetangganya, karena perbedaan bahasa dan dialek yang digunakan. Hal ini menjadi salah satu hambatan besar untuk komunikasi antara penduduk dalam satu benua ini.

Semua bahasa dan dialek yang digunakan di benua Asia dapat dikelompokkan menjadi dua puluh rumpun bahasa yang termasuk bahasa Indo-Eropa, Altai, Semit, dan Sino-Tibet.

Bahasa Korea tidak dimasukkan ke salah satu rumpun bahasa. Bahasa Yahudi dan bahasa Arab, begitu pula bahasa-bahasa Semit lain, hanya digunakan oleh penduduk Israel dan penduduk Semenanjung Arab.

Gambar Tulisan Bahasa Arab dan India
Tulisan Arab dan India yang digunakan bangsa Arab dan bangsa India untuk berkomunikasi yang termasuk rumpun bahasa Indo-Eropa.

Rumpun bahasa Indo-Eropa meliputi kebanyakan bahasa-bahasa di India dan Arab. Rumpun bahasa Altai meliputi bahasa Turki, sangkan rumpun Sino-Tibet meliputi bahasa Cina dan kebanyakan bahasa di Asia Tenggara. Di Asia Tenggara juga terdapat rumpun bahasa Melayu.

Banyaknya ragam bahasa dan dialek di Benua Asia juga menimbulkan hambatan terhadap pemerataan pendidikan bagi penduduk, begitu pula halangan lain di bidang perdagangan, komunikasi, dan kebudayaan.

Baca juga:

India yang memiliki 179 bahasa dan 544 dialek merupakan salah satu contoh dari keadaan seperti itu.