Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Senjata Tradisional Jawa Timur Lengkap, Gambar Dan Penjelasannya

Senjata Tradisional Jawa Timur - Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan beragam kebudayaan. Setiap provinsi yang ada di Indonesia memiliki kebudayaan dengan keunikan masing-masing. Seperti tarian adat, rumah adat, upacara adat sampai senjata adat.

Nama Senjata Tradisional Jawa Timur

Kali ini kami akan membahas senjata adat Jawa Timur sebagaimana daerah lain yang telah dan akan kami bahas tuntas. Sebenarnya ada beraneka ragam senjata tradisional Jawa Timur. Yang masih bisa kita temui antara lain : Clurit, Keris, Buding, Bionet, Caluk, dan Kudi. Pembahasan secara rinci sebagaimana uraian berikut ini.

Clurit Jawa Timur

Senjata tradisional Jawa Timur yang paling populer adalah clurit. Senjata clurit adalah salah satu senjata khas Suku Madura, yang diyakini mempunyai banyak sejarah. Senjata ini tidak bisa dipisahkan dari tradisi dan kebudayaan masyarakat Madura sampai sekarang.

Bentuk clurit pada umumnya memiliki bilah melengkung dengan mata pisau pada sisi bagian dalam dan runcing pada bagian ujungnya dengan pegangan tangan sepanjang sekitar 20 cm. Senjata ini bisa ditemukan di seluruh pulau jawa, tetapi dengan berbagai nama.

Gambar Clurit Jawa Timur
Clurit Senjata Tradisional Jawa Timur

Sejarah Singkat Clurit

Clurit mempunyai kesamaan dengan sabit. Sabit merupakan alat yang dipakai sebagian besar petani untuk memotong rumput. Clurit memiliki sejarah yang panjang, karena pada zaman dahulu senjata ini sering digunakan oleh tokoh masyarakat.

Salah satu tokoh yang terkenal bernama Sakera. Konon beliau adalah seorang mandor atau petani tebu. Beliau adalah salah seorang pejuang yang melawan penjajah Belanda. Beliau adalah pahlawan yang berasal dari daerah Pasuruhan, yang tidak pernah meninggalkan senjata ini.

Pada jaman dahulu, suku Madura terkadang memasukkan makhluk gaib ke benda tertentu. Dengan cara dibacakan doa-doa atau melakukan ritual yang diyakini bisa memasukkan makhluk gaib ke benda tersebut. Pada saat ini hal tersebut banyak ditentang oleh masyarakat, karena dianggap tidak masuk akal atau bertentangan dengan kaidah agama Islam..

Baca juga Senjata Tradisional Jawa Tengah

Keris Jawa Timur

Keris juga termasuk senjata tradisional khas Jawa Timur. Pada mulanya senjata ini tidak mempunyai kepastian, karena keberadaannya belum banyak diketahui masyarakat. Tetapi semenjak masa Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Majapahit senjata ini menjadi dikenal luas oleh kalangan masyarakat. Khusunya untuk daerah Pulau Jawa dan Pulau Madura.

Gambar Keris Senjata Tradisional Jawa Timur
Keris Senjata Tradisional Jawa Timur

Keris termasuk senjata jenis tikam berujung runcing dan memiliki mata pisau pada kedua sisinya. Pada dasarnya keris adalah senjata yang berasal dari Desa Lenteng Barat, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep Madura. Untuk waktu kemunculan keris tidak ada yang tau secara pasti.

Pada masa silam Keris ini dipakai masyarakat umum untuk sarana membela diri atau untuk berburu. Tetapi pada saat ini  senjata tersebut digunakan untuk aksesoris saat acara pernikahan atau dipakai oleh orang-orang keraton sebagai simbolidentitas. Hal demikian terjadi pada kebanyakan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Buding Jawa Timur

Senjata tradisional Jawa Timur dengan nama Buding ini mungkin masih asing di telinga kita. Hal ini wajar, karena senjata ini tidak terlalu populer di kalangan masyarakat umum, dan hanya dipakai di sebagian tempat saja. Pada dasarnya senjata ini mempunyai bentuk mirip pisau dapur.
Gambar Buding Jawa Timur
Buding Senjata Tradisional Jawa Timur

Hanya saja, senjata ini mempunyai sarung untuk menutupi mata pisaunya, sebagaimana pedang. Buding adalah salah satu senjata khas Suku Osing yang hidup di Daerah Banyuwangi. Senjata ini juga digunakan suku Osing untuk membantu aktivitas sehari-hari, bahkan digunakan untuk membela diri.

Baca juga Senjata Tradisional Jawa Barat

Bionet Jawa Timur

Senjata tradisional Jawa Timur yang lainnya adalah Biolet. Senjata ini juga tidak terlalu dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini tidak menghalangi kami untuk mengetahui tentang senjata  ini. Karena juga merupakan salah satu bagian dari kekayaan budaya Indonesia.

Gambar Bionet Jawa Timur
Bionet Senjata Tradisional Jawa Timur
Senjata ini memiliki berbentuk lurus, dengan panjang seukuran pedang. Senjata ini tidak terlalu tajam, tetapi mempunyai ujung yang runcing dibandingkan dengan senjata lainnya.

Pada masa silam Bionet sering dipakai untuk senjata dalam berperang. Senjata ini digunakan untuk menusuk musuh atau untuk membela diri karena memiliki ujung yang runcing. Pada saat ini Bionet tidak lagi dipakai untuk senjata perang.

Caluk Jawa Timur

Caluk adalah senjata tradisional Jawa Timur bentuknya panjang seperti golok. Namun senjata ini memiliki lengkungan pada ujungnya, Dan terdapat kapak di tengah-tengah senjata ini. Senjata ini merupakan diantara senjata yang unik dan langka, yang hanya bisa ditemukan di pulau Jawa. Pada masa silam Caluk digunakan  untuk kegiatan sehari-hari bahkan bisa dipakai untuk membela diri.

Gambar Caluk Senjata Jawa Timur
Caluk Senjata Tradisional Jawa Timur

Jaman sekarang bisa dikatakan senjata ini hampir punah karena orang tidak lagi menggunakannya. Namun demikian masih ada sebagian orang yang masih menyimpan senjata ini untuk di jadikan koleksi atau benda pusaka. Biasanya Caluk memiliki panjang sekitar 1 meter dengan kapak di tengahnya.

Kudi Jawa Timur

Kudi adalah senjata tradisional Jawa Timur yang berasal dari Kota Banyumas. Kudi bukan sekedar senjata, namun juga dipakai masyarakat Banyumas sebagai alat untuk membantu pekerjaan sehari-hari misalnya mencari kayu bakar lalu dijual agar mendapat uang.
Gambar Kudi Senjata Jawa Timur
Kudi Senjata Tradisional Jawa Timur
 
Selain dipakai untuk mencari kayu bakar, Kudi juga sering dipakai oleh masyarakat Banyumas untuk membuat meja dan kursi dan untuk membantu kegiatan lainnya. Senjata tersebut hanya bisa ditemukan di Jawa khususnya daerah Banyumas.

Pada umumnya senjata ini mempunyai benjolah di tengah-tengah kudi. Hal tersebut yang menjadi salah satu pembeda antara senjata Kudi dengan senjata Pethel yang bentuk hampir sama. Biasanya Kudi berukuran panjang 35 cm dan lebar sekitar 10 cm.

Demikian pembahasan tentang Senjata Adat Jawa Timur, semoga menambah pengetahuan dan wawasan kita akan kekayaan budaya Nusantara.

Tentang contoh keanekaragaman budaya Jawa Timur lainnya, silakan membaca artikel yang bertema Pakaian Adat Jawa Timur

Untuk semakin mengenal wilayah provinsi Jawa Timur beserta potensi yang terkandung di dalamnya, silakan menyimak Peta Jawa Timur

Terimakasih atas kunjungan Anda.