Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemberontakan G 30 S/PKI dan Kesaktian Pancasila

Persiapan Pemberontakan PKI

Negara dalam keadaan lemah. Timbul banyak penyelewengan, korupsi, kultus individu dan partai-partai bersaing secara tidak sehat. Keadaan ini mendorong PKI untuk melancarkan pemberontakan. Untuk itu PKI telah melakukan beberapa persiapan, antara lain:
  1. Melatih Pemuda Rakyat dan Gerwani.
  2. Menyebarkan desas-desus tentang adanya Dewan Jenderal yang akan merebut kekuasaan pemerintah.
Setelah yakin bahwa persiapan cukup matang, PKI mulai melancarkan aksinya. Maka pada tanggal 30 September 1965 meletuslah pemberontakan PKI. Pada tanggal 1 Oktober 1965 dini hari menjelang subuh, PKI mengadakan penculikan terhadap perwira-perwira Angkatan Darat dan mengumumkan adanya Dewan Revolusi.

Penculikan Jenderal TNI

Penculikan-penculikan itu dilakukan oleh beberapa anggota pasukan Cakrabirawa (Barisan Pengawal Presiden) di bawah pimpinan Kolonel Untung. Mereka menculik dan menyiksa para perwira Angkatan Darat tanpa mengenal perikemanusiaan.

Setelah itu jasad para perwira tadi dimasukkan ke dalam sumur Lubang Buaya di Jakarta. Adapun beberapa perwira TNI Angkatan Darat yang diculik tersebut adalah:
  1. Letnan Jenderal Akhmad Yani
  2. Mayor Jenderal Suprapto
  3. Mayor Jenderal M.T. Haryono
  4. Mayor Jenderal S. Parman
  5. Brigadir Jenderal Panjaitan
  6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomihardjo

Foto Proses introgasi terhadap simpatisan PKI 1949
Proses introgasi terhadap simpatisan PKI 1949

Kemudian usaha penculikan terhadap diri Jenderal A.H. Nasution gagal, tetapi ajudannya Lettu Pierre Tendean berhasil diculik dan dibunuh di Lubang Buaya juga. Bahkan putri tercinta A.H Nasution, Ade Ima Suryani yang baru berusia 5 tahun juga menjadi korban keganasan para penculik PKI.

Peltu Polisi Karel Sasuit Tubun juga gugur dalam melawan gerombolan penculik yang sedang memasuki halaman rumah Leimena. Disamping itu, pembunuhan juga berlangsung di berbagai daerah. Di Yogyakarta kaum pemberontak telah menculik Kolonel Katamso dan Letkol Sugiyono.

Kemudian kesepuluh perwira di atas, oleh pemerintah Indonesia ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi.

Agar lebih jelas, silahkan baca: 10 gambar Pahlawan Revolusi

Penumpasan PKI

Melihat keadaan yang cukup gawat itu, maka Mayor Jenderal Soeharto sebagai Panglima KOSTRAD (Komando Strategi Angkatan Darat), segera mengambil tindakan tegas. Tanggal 1 Oktober 1965 keadaan ibu kota sudah dapat dikuasai.

Kemudian untuk menumpas kekuatan G 30 S/PKI di berbagai daerah di kirimkanlah pasukan RPKAD dibawah pimpinan Kolonel Sarwo Edi. Dalam waktu singkat PKI dapat dilumpuhkan. Pemimpin-pemimpinnya ditangkap. Sedang D.N Aidit yang merupakan pimpinan utama PKI tertembak mati di daerah Surakarta. Dengan demikian keadaan keamanan dapat dipulihkan.

Hari Kesaktian Pancasila

Peristiwa G 30 S/PKI tahun 1965 merupakan tragedi nasional. Pada hari itu Dasar Negara Pancasila akan diganti komunisme oleh PKI. Berkat pertolongan Tuhan Yang Mahakuasa dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, maka ABRI dan rakyat di bawah pimpinan Mayor Jenderal Soeharto dapat menggagalkan usaha PKI. Pancasila tetap kokoh sebagai dasar negara RI.

Oleh karena itu, maka pada setiap tanggal 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Perkembangan menjelang tahun 1965 yang ditandai dengan kasak-kusuknya PKI dan kemudian sampai meletusnya G 30 S/PKI ternyata telah mengguncangkan stabilitas nasional, baik politik maupun ekonomi. Oleh karena itu, rencana pembangunan yang sudah diprogramkan pemerintah Orde Lama menjadi gagal.

Baca juga referensi lain mengenai PKI pada kedua tautan di bawah ini: