Tentang negara India

Hal-hal yang perlu diketahui tentang India adalah :
  • Luas wilayah : 3.287.590 km persegi
  • Ibu kota : New Delhi
  • Bentuk pemerintahan : Republik
  • Hari Kemerdekaan : 15 Agustus
  • Kepala Negara : Presiden
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Presiden : Pranab Mukherjee
  • Perdana Menteri : Dr. Manmohan Singh
  • Lagu kebangsaan : Jana Gana Mana (Jana Gana Mana Adhinayaka Jaya he Bharata Ghagya Vidhata)
  • Jumlah Penduduk (2013) : 1.065.070.607 jiwa 
  • Bahasa : Hindi, Inggris
  • Agama mayoritas penduduk : Hindu
  • Mata uang : Rupee
  • Bandar udara internasional : Bhopal, Mumbai, Delhi
  • Perusahaan penerbangan : Air India
Pemerintahan
India merupakan negara republik. Pernah mengalami penjajahan Inggris selama lebih dari 300 tahun. Pada tanggal 15 Agustus 1947 India mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris, tetapi baru tanggal 26 Januari 1950 resmi menjadi negara republik berdaulat penuh. Perdana Menteri India yang pertama adalah Jawaharlal Nehru, kakek Rajiv Gandhi. HIngga kini India menjadi anggota persemakmuran Inggris. Ketika dimerdekakan pada tahun 1947, India yang penduduknya sebagian besar beragama Hindu berpisah dengan Pakistan yang penduduknya sebagian besar beragama Islam. INdia terdiri dari 27 negara bagian.

Keadaan geografi
India terletak antara 8 derajat LU - 37 derajat LU dan 67,5 derajat BT - 98 derajat BT. Terletak di Benua Asia bagian selatan, INdia merupakan semenanjung besar yang berbentuk segitiga. Batas-batas wilayah negara ini adalah:
- sebelah utara : Nepal, Bhutan dan China
- sebelah barat : Pakistan, Laut Arab
- sebelah selatan : Sri Lanka dan Samudera Hindia
- sebelah timur : Birma, Bangladesh, dan Teluk Benggala

Iklim India adalah iklim musim tropis yang terbagi atas 3 musim, yaitu:
  1. Musim dingin (Oktober - Februari), bertiup angin muson timur laut dar daratan Asia. India mengalami kemarau kecuali di bagian tenggara yang memperoleh sedikit hujan karena angin muson melewati Teluk Benggala yang membawa uap air.
  2. Musim panas (Maret-Mei), masih bertiup angin muson timur laut yang kering tapi ada turun hujan walaupun masih sedikit. Daerah pantai dan ujung selatan India memperoleh hujan agak banyak.
  3. Musim hujan (Juni-September), bertiup angin muson barat daya yang membawa hujan lebat.
Keadaan alam India dibagi menjadi 3 daerah, yaitu:
  1. Bagian utara : merupakan Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yang selalu tertutup salju. Puncak yang tertinggi adalah Mount Everest atau Gaurisangkar (8.880 m). Di bagian barat bersambung dengan Pegunungan Hindukush. Antara kedua pegunungan ini terdapat Lintasan Kaiber, yang merupakan satu jalan darat ke Asia Tengah.
  2. Bagian Tengah : di sebelah barat daya Pegunungan Himalaya terletak dataran rendah Sungai Indus (Shindu), dataran rendah Sungai Gangga dan dataran rendah Brahmaputra. Di sini terdapat dataran tinggi Assam.
  3. Bagian selatan : merupakan dataran tinggi Dekan di bagian jazirah yang menjorok ke selatan. Tebing sebelah baratnya tinggi dan curam, dikenal dengan nama Ghat Barat yang membentuk dataran pantai Malabar. Di sebelah timur dibatasi oleh Ghat Timur yang membentuk dataran pantai Coromandel.
Sungai-sungai besar di India adalah :
  1. Sungai Gangga : dianggap suci oleh penduduk India yang memeluk agama Hindhu. Sungai ini mengalir ke timur melalui dataran rendah yang luas dan bermuara di dekat Calcutta di teluk Benggala.
  2. Sungai Indus : bermuara ke Laut Arab. Sungai ini berhulu di bagian barat Hialaya. Di sungai ini didirikan bendungan yang terbesar di India, yaitu Bendungan Sukkur.
  3. Sungai Brahmaputra : berhulu di kaki utara Pegunungan Himalaya dan bermuara di Teluk Benggala. Sungai ini memperoleh airnya dari gletser. Sungai Brahmaputra bertemu dengan sungai Gangga di daerah hilir dan membentuk delta yang merupakan wilayah negara Bangladesh.
Untuk melihat peta India google map silahkan lihat di sini.

Penduduk
Dengan jumlah penduduk sebanyak 1.065.070.607 jiwa (2013) India menempati urutan kedua negara berpenduduk terbanyak setelah RRC. Jumlah penduduk yang banyak ini menyebabkan India sering mengalami bencana kelaparan, terutama bila hujan terlambat turun, sehingga terjadi gagal panen.

Sebagian besar (85%) penduduk beragama Hindhu yang mengenal sistem kasta. Agama ini menganggap lembu (sapi) sebagai hewan suci dan tidak boleh dipotong. Kota suci bagi agama Hindhu ialah Benares dan Allahabad yang terletak pada aliran Sungai Gangga. Sisa penduduk lainnya yang merupakan bagian kecil saja memeluk agama Islam, Kristen, Sikh dan Budha.

Di kota Agra terdapat Taj Mahal (Istana Mutiara) yang merupakan bangunan yang arsitekturnya sangat indah. Taj Mahal merupakan sisa kebesaran kerajaan Islam di India pada masa lampau. Sedangkan kota suci bagi agama Sikh ialah Amritsar. Di Amritsar terdapat Kuil Emas yang merupakan pusat peribadatan umat Sikh.

Penduduk India terdiri atas berbagai suku bangsa :
  1. Bangsa Hindu, yang berkulit putih, sebagian besar tinggal di daerah-daerah dataran rendah Hindhustan dan lembah-lembah sungai yang subur.
  2. Bangsa Dravida, yang berkulit hitam, merupakan penduduk asli, bertempat tinggal di daerah dataran tinggi. Dekan (bagian selatan).
  3. Bangsa Mongol, tinggal di daerah-daerah Assam, Benggala dan lereng Pegunungan Himalaya.
  4. Bangsa Munda, yang tinggal di daerah-daerah pegunungan, kebudayaannya masih sederhana.
Bahasa resmi yang digunakan di India adalah Bahasa Hindi dan Inggris.

Perekonomian
Negara India merupakan negara agraris, tanaman pengan yang utama adalah padi, sorghum dan gandum. Daerah pertaniannya terdapat di Hundustan, Benggala, Assam dan sekitar  aliran sungai-sungai. Sedangkan tanaman perdaganggannya adalah teh, kapas, tebu dan yute (bahan pembuat goni). Daerah perkebunan teh terdapat di Darjeeling, Assam dan bukit Nilgiri di selatan. Kapas terdapat di dataran aluvial di lembah Sungai Gangga, di sebelah barat daya Plato Dekan dan di sekitar Madras. Tebu banyak ditanam di lembah Sungai Gangga, delta sungai Godavari. Sedangkan yute diusahakan di delta sungai Gangga di Bihar dan Orissa.

Hasil tambang India adalah batubara, bijih besi, mika dan mangan. Pusat industri dan perdagangan terdapat di kota Calcutta yang merupakan pelabuhan laut terpenting bagi India dan menjadi kota yang terbesar di India. Di kota ini terdapat industri berat dan industri tekstil, mesin-mesin, besi dan baja. Pusat industri tekstil adalah kota Bombay, yang merupakan pelabuhan laut nomor dua bagi India.

Barang-barang diekspor melalui pelabuhan Calcutta dan Bombay. Ekspor hasil industri dari India berupa mesin-mesin, motor, bahan kimia, pupuk tekstil dan baja. Dari sektor pertanian dapat diekspor komoditas teh, kopi, udang. Pada tahun 1986 nilai ekspor India mencapai US$ 9,107 juta, namun impornya jauh lebih tinggi, yaitu senilai US$14,657 juta. Pendapatan nasionalnya senilai (1985) US$ 723.000 juta.

Hubungan dengan Indonesia
Hubungan dengan Indonesia sangatlah baik, meliputi bidang pendidikan, kebudayaan dan perdagangan. Hubungan ini sudah terjalin sejak lama, terbukti dari masuknya agama Hindhu dan Budha ke Indonesia, yang bersumber dari India. Candi-candiyang terdapat di Indonesia merupakan sentuhan kebudayaan India. India bersama Indonesia juga merupakan negara premakarsa KTT Nonblok tahun 1961. Pada saat perang kemerdekaan Indonesia, bahkan India turut membantu mengirimkan obat-obatan dan tenaga medis.