Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catatan Kerajaan Islam di indonesia lengkap

Seperti telah kita ketahui menurut catatan sejarah Islam masuk ke Indonesia dengan cara damai dan bersahabat, tanpa menimbulkan pertentangan di masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari mudahnya Islam berkembang diberbagai kerajaan Islam di nusantara ini. Biasanya sang rajalah yang pertama kali menganut agama Islam, sehingga dengan cepat rakyat mengikutinya.

Di Indonesia menurut sejarahnya banyak terdapat kerajaan Islam, selengkapnya sebagai berikut :
Gambar ilustrasi Kerajaan Islam di indonesia

1. Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan ini merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Terletak di pesisir timur laut Aceh, yang didirikan oleh Meurah Khair atau Maharaja Mahmud Syah pada abad ke-11 Masehi. Samudra Pasai mulai mengalami kemunduran dengan munculnya Kerajaan Malaka dan Kerajaan Aceh Darussalam, serta datangnya bangsa Portugis yang berniat menguasai Kerajaan Samudra Pasai.

Baca sejarah lengkapnya di artikel: Kerajaan Samudra Pasai berdiri pada abad 13

2. Kerajaan Malaka

Kerajaan Malaka terletak di tepi Smenanjung Malaya. Letaknya yang strategis di tengah-tengah jalur perdagangan internasional menjadikannya segera tumbuh menjadi sebuah kerajaan besar. Kerajaan Malaka mengalami kemunduran ketika Alfonso d' Albuquerque bersama armada perang Portugis akhirnya menaklukkannya pada tahun 1511 M.

Baca sejarah lengkapnya di artikel: 6 raja yang pernah memerintah Kerajaan Malaka

3. Kerajaan Aceh Darussalam

Kerajaan di serambi Mekah ini terletak di daerah hulu pulau Sumatra, di ujung pantai Aceh yang disebut dengan Aceh Besar. Pengaruh agama Islam sangat kuat menjelma dalam kehidupan masyarakat Aceh. Ulama dan syariat Islam merupakan penuntun. Kerajaan Aceh Darussalam baru redup setelah ditaklukkan oleh Belanda pada abad ke-20 M.

Baca sejarah lengkapnya di artikel: Munculnya Kerajaan Aceh Darussalam

4. Kerajaan Demak

Merupakan sebuah kerajaan Islam pertama di pulau Jawa. Didirikan oleh Raden Patah pada abad ke-16 M. Kerajaan ini terletak di kota Demak di dekat Semarang, Jawa Tengah. Kerajaan Demak terkenal dengan para penyebar agama Islam yang disebut Wali Songo. Bagaimana peran para walisongo? Lihat selengkapnya di Peranan para Wali/ulama dalam bidang sosial budaya

Baca sejarah lengkapnya di artikel: Kerajaan Demak Bintoro

5. Kerajaan Banten

Terletak di ujung barat Pulau Jawa. Wilayah kekuasaannya meliputi bagian barat Jawa dan Lampung. Peletak dasar Kerajaan Banten adalah Sunan Gunung Jati. Pelabuhan Banten merupakan pusat perdagangan utama di Kerajaan Banten. Kebesaran nama kerajaan di pulau Jawa bagian barat ini mulai meredup ketika Belanda berhasil menguasai kerajaan Islam ini.

Baca sejarah lengkapnya di artikel: Pendiri Kerajaan Banten dan silsilah rajanya

6. Kerajaan Mataram

Terletak di Kotagede, sebuah kota di dekat Yogyakarta saat ini. Pendiri Kerajaan Mataram adalah Sutawijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Panembahan Senopati. Mataram dikenal karena upayanya yang gigih dalam melawan Belanda pada tahun 1628 dan 1629 M.

Baca sejarah lengkapnya di artikel: Kerajaan Mataram Islam

7. Kerajaan Gowa dan Tallo

Dua kerajaan Islam yang terletak di Sulawesi Selatan dan dikenal sebagai Kerajaan Makasar. Kerajaan ini merupakan kerajaan maritim yang sangat disegani. Kapal-kapal seperti Pinisi, Lambo dan Padewalang mampu mengarungi perairan Indonesia dan bahkan hingga ke perairan India dan Cina.

Baca sejarah lengkapnya di artikel: Kerajaan Goa dan Talo

8. Kerajaan Ternate dan Tidore

Kedua kerajaan ini terletak di sebelah barat Pulau Halmahera, Maluku Utara. Keduanya merupakan penghasil rempah-rempah yang banyak diburu para pedagang asing, seperti Belanda dan Portugis. Karena peran ekonominya inilah kerajaan Ternate dan Tidore menjadi incaran penaklukkan bangsa asing.

Baca sejarah lengkapnya di artikel: Kerajaan Ternate dan Tidore

Itulah daftar kerajaan Islam di Indonesia yang terkenal pada zamannya, semoga menjadikan catatan sejarah.
Supriyadi Pro
Supriyadi Pro Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com