Skip to main content

Arti pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia

Kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, termasuk Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih. Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia.

Dalam hal ini kemerdekaan Indonesia mempunyai beberapa arti penting, antara lain:
  1. Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan puncak perjuangan bangsa ini. Jadi, serangkaian perjuangan menentang kaum penjajah akhirnya akan mencapai pada suatu puncak, yakni kemerdekaan.
  2. Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri. Hal ini berarti bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat, bangsa yang harus memliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara.
  3. Kemerdekaan adalh "jembatan emas" atau merupakan pintu gerbang untuk menuju masyarakat  adil dan makmur. Jadi, dengan kemerdekaan itu bukan berarti perjuangan bangsa sudah selesai. Tetapi, justru muncul tantangan baru untuk mempertahankan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan pembangunan.

Dengan demikian, jelaslah bahwa bangsa Indonesia mulai memasuki tahap baru untuk mengatur hidup dan kehidupannya lebih lanjut.

Bagaimana anda sebagai generasi muda?

Popular posts from this blog

34 provinsi di Indonesia dan ibukota lengkap dengan peta

34 provinsi di Indonesia. Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya (baca pada artikel Pemekaran provinsi di Indonesia sejak merdeka), bahwa provinsi di Indonesia sampai saya menuliskan artikel sejarah ini berjumlah 34.
Nah, selanjutnya di sini akan saya sertakan 34 provinsi di Indonesia tersebut beserta nama ibu kotanya. Dengan begitu diharapkan anda akan lebih detail mengenal setiap provinsi yang ada di negeri ini.
Coba perhatikan gambar pulau di bawah ini, anda dapat melihat pulau dan mencocokkan dengan tabel provinsi yang ada, sehingga di mana letak provinsi akan terlihat.
Berikut daftar nama provinsi di Indonesia dan nama Ibu kotanya :



Di bawah ini adalah daftar 34 provinsi di Indonesia lengkap dengan ibukotanya. Setiap provinsi merupakan tautan yang bisa anda gunakan untuk menelusuri peta dan keterangan lengkap provinsi tersebut. Silahkan pilih provinsi yang ingin anda kunjungi.

No Nama Provinsi Ibu Kota 1 Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Banda Aceh 2 Provinsi Sumatra Utara Medan 3 P…

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Proses masuknya Islam ke Indonesia

Proses masuknya Islam ke Indonesia - Artikel ini adalah sebagai kelanjutan posting saya Cara masuknya islam ke indonesia yang telah saya bahas secara sekilas dengan poin-poin pentingnya saja. Nah, pada tulisan ini saya mencoba menjelaskan lebih detail tentang proses masuknya Islam ke negeri tercinta ini.
Setelah berakhirnya kerajaan Hindu Buddha di Indonesia, berdirilah kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, antara lain: kerajaan Samudra Pasai, Aceh, Demak, Pajang, Mataram, Banten, Cirebon, Makasar, Ternate, Tidore dan Banjar. Namun, untuk kerajaan-kerajaan tersebut akan dibahas pad artikel selanjutnya. Kali ini kita akan membahas proses masuknya Agama Islam ke Indonesia.
Islam lahir di Mekah tahun 611 Masehi dengan ditandai dengan turunnya ayat Al-Quran yang pertama. Mula-mula ajaran ini berkembang di Mekah dan Madinah, kemudian berkembang di seluruh Timur Tengah, Eropa Selatan dan ke wilayah timur hingga ke Indonesia.
Mulanya Islam dibawa oleh para pedagang Gujarat, kemudian diikuti …

Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Demak

Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Demak - Seperti sekilas telah dibahas pada artikel Kerajaan Demak Bintoro, Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan ini berdiri pada akhir abad ke-15. Letaknya di daerah Bintoro dekat muara Sungai Demak. Pusat kerajaannya terletak antara pelabuhan Bergota dan Jepara. Daerahnya semula hanya sekitar Demak dan merupakan bagian wilayah Majapahit. Kemudian memisahkan diri dari Majapahit dan berdiri menjadi Kerajaan Demak.
Raden Patah adalah salah seorang murid Sunan Ampel di Jawa Timur. Setelah masuk Islam dan dibantu oleh para wali, Raden Patah berhasil menanamkan pengaruhnya di Majapahit. Setelah itu, Demak semakin maju. Adapun faktor-faktor pendorong kemajuannya adalah sebagai berikut: Letaknya strategis di daerah pantai, sehingga terbuka hubungan dengn dunia luar.Pelabuhan Bergota di Semarang merupakan pelabuhan ekspor-impor yang penting bagi Demak.Memiliki sungai sebagai penghubung daerah pedalaman, sehingga membantu pengangk…

Peta Jawa Tengah HD lengkap dengan daftar 35 kabupaten dan kota

Peta Jawa Tengah lengkap - Sesuai dengan sebutannya, Jawa Tengah adalah sebuah provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa bagian tengah, sebelah barat berbatasan dengan Jawa Barat dan sebelah timur berbatasan dengan Jawa Timur. Anda juga dapat melihat peta semarang yang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah.
Di peta Jawa Tengah (Jateng) terlihat bahwa Provinsi Jawa Tengah lengkap dibagi dalam 29 kabupaten dan 6 kota. Adapun Peta 35 kabupaten di Jawa Tengah dan kota yang termasuk dalam pemerintahan provinsi Jateng selengkapnya dapat anda lihat pada link-link berikut : Peta Kabupaten BanjarnegaraPeta Kabupaten BanyumasPeta Kabupaten BatangPeta Kabupaten BloraPeta Kabupaten BoyolaliPeta Kabupaten BrebesPeta Kabupaten CilacapPeta Kabupaten DemakPeta Kabupaten GroboganPeta Kabupaten JeparaPeta Kabupaten KaranganyarPeta Kabupaten KebumenPeta Kabupaten KendalPeta Kabupaten KlatenPeta Kabupaten KudusPeta Kabupaten MagelangPeta Kabupaten PatiPeta Kabupaten PekalonganPet…