100 Pertanyaan dan Jawaban seputar Olimpiade

100 Pertanyaan dan Jawaban di bawah ini adalah soal-soal yang berhubungan dengan Olimpiade beserta jawabannya. Soal dan jawaban tersebut bisa digunakan untuk bahan ulangan harian, UTS, atau bahkan ulangan semester. Baca juga: 87 Pertanyaan dan Jawaban seputar Amerika Selatan Soal Olimpiade Bagian 1 (Kuis 1-25) 1) Olimpiade Musim Dingin pertama diadakan pada tahun ... Jawaban: 1924. 2) Warna dari lima cincin yang saling bertautan pada bendera Olimpiade adalah Jawaban: Merah, Hitam, Breen, Biru dan Kuning. 3) ... mengacu pada periode empat tahun yang dimulai pada pembukaan Olimpiade untuk olahraga musim panas. Jawaban: Olimpiade. 4) Awal mula Olimpiade berasal dari negara mana? Jawaban: Yunani. 5) Lima negara yang berpartisipasi dalam Olimpiade sejak awal adalah Jawaban: Yunani, Australia, Prancis, Inggris Raya, dan Swiss. 6) Negara manakah yang menempati posisi teratas dalam perolehan medali emas pada Olimpiade Musim Panas 1996? Jawaban: Amerika Serikat. 7) Item olahraga apa yang termas

Puputan Margarana Bali

Pertempuran habis-habisan di Margarana Bali, sangat mengharukan jiwa bangsa Indonesia, karena banyaknya rakyat yang gugur di medan laga sebagai kusuma bangsa. Pada tanggal 2 dan 3 Maret 1946 Belanda mendaratkan kurang lebih 2.000 tentara di Bali, disertai oleh kolonel-kolonel I Gusti Ngurah Rai sedang mengadakan perjalanan ke Yogyakarta untuk mengadakan konsultasi dengan markas tertinggi TRI mengenai pembinaan Resimen Sunda Kecil dan cara-cara menghadapi Belanda. Sekembalinya dari Yogyakarta kesatuan-kesatuan resimennya ditemui dalam keadaan terpencar-pencar.

Situasi Politik Pemerintah RI

Perkembangan situasi politik Pemerintah RI bertambah kurang menguntungkan sebagai akibat dari Persetujuan Linggajati, yang menyatakan bahwa daerah kekuasaan de-facto RI yang diakui hanya terdiri dari Jawa, Madura dan Sumatera. Hal itu berarti bahwa Bali tidak diakui sebagai bagian dari Republik Indonesia.

Sementara itu Belanda sedang giat-giatnya mengusahakan berdirinya satu negara boneka di wilayah Indonesia bagian timur. Letnan kolonel Ngurah Rai dibujuk Belanda untuk bekerjasama, tetapi ajakan tersebut ditolaknya mentah-mentah.

Ngurah Rai Menyerang Belanda

Ketika merasa kekuatannya sudah cukup, pada tanggal 18 Nopember 1946 Ngurah Rai mulai menyerang Belanda. Tabanan digempur dan berhasil dengan menyergap satu detasemen polisi lengkap dengan senjatanya.

Seluruh kekuatan Belanda di Bali dan Lombok lengkap dengan pesawat terbang dikerahkan untuk menghadapi pasukan Ngurah Rai.

Karena kekuatan pasukan yang tidak seimbang dan persenjataan yang kurang lengkap, akhirnya pasukan Ngurah Rai dapat dikalahkan dalam pertempuran "puputan" yang berarti habis-habisan di Margarana, sebelah utara Tabanan. Dan pertempuran tersebut sampai sekarang terkenal dengan nama "Puputan Margarana" Bali.

I Gusti Ngurah Rai dkk
I Gusti Ngurah Rai dkk

I Gusti Ngurah Rai gugur bersama anak buahnya. Gugurnya Letnan Kolonel Ngurah Rai tersebut telah melicinkan jalan bagi usaha Belanda untuk membentuk apa yang dinamakan "Negara Indonesia Timur".

Baca juga peristiwa penting perjuangan bangsa Indonesia terhadap penjajah di daerah lainnya:

Postingan populer dari blog ini

Peta Sulawesi Selatan Lengkap 21 Kabupaten 3 Kota

Peta Madura Lengkap

Tentang Negara Papua Nugini