9 bait terakhir ramalan Jayabaya
Dalam bait-bait terakhir ramalan Jayabaya digambarkan suasana negara yang kacau penuh carut marut, serta terjadi kerusakan moral yang luar biasa. Namun, dari fenomena tersebut kemudian muncul seseorang yang arif dan bijaksana yang mampu mengatasi keadaan. Hal ini tidak jauh berbeda dengan Kutipan 22 bait Serat Kalatidha Ranggawarsito yang mengulas tentang Satrio Piningit.
Berikut adalah cuplikan bait-bait terakhir ramalan Jayabaya yang menggambarkan ciri-ciri atau karakter seorang Satrio Piningit tersebut :
Berikut adalah cuplikan bait-bait terakhir ramalan Jayabaya yang menggambarkan ciri-ciri atau karakter seorang Satrio Piningit tersebut :
Bait 1
Selet-selete yen mbesuk ngancik tutuping tahun
Sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu
Bakal ana dewa ngejawantah
Apengawak manungsa
Apasurya padha Bethara Kresna
Awatak Baladewa
Agegaman trisula wedha
Jinejer wolak-waliking zaman
Artinya : Selambat-lambatnya kelak menjelang tutup tahun, akan ada dewa tampil, berbadan manusia, berparas seperti Bathara Kresna, berwatak Baladewa, bersenjata Trisula wedha, tanda datangnya perubahan zaman.
Gambar sampul Buku Serat Kalatidha Ranggawarsito |
Bait 2
Iku tandane Bethara Indra wus katon
Tumeka ing arcapada ambebantu wong Jawa
Artinya : Itulah tanda putra Batara Indra sudah tampak, datang di bumi untuk membantu orang Jawa
Bait 3
Bala prewangan makhluk halus padha baris
Pada rebut benere garis
Tan kasat mata, tan arupa
Sing mandhegani putrane Bethara Indra
Agegaman trisula wedha
Momongane padha dadi nayaka perang-perange tanpa bala
Sakti mandraguna tanpa aji-aji
Artinya : Pasukan makhluk halus sama-sama berbaris, berebut garis yang benar, tak kelihatan, tak berbentuk, yang memimpin adalah putra Batara Indra, bersenjatakan trisula wedha, para asuhannya menjadi perwira perang, jika berperang tanpa pasukan, sakti mandraguna tanpa azimat.
Bait 4
Apeparap pangeraning prang
Tan pakra anggoning nyandhang
Ning iya bisa nyembadani ruwet rentenging wong sak pirang-pirang
Artinya : Bergelar pangeran perang, kelihatan berpakaian kurang pantas, namun dapat mengatasi keruwetan banyak orang.
Bait 5
Idune idu geni
Sabdane malati
Sing mbregudul mesti mati
Ora tuwa enom padha dene bayi
Wong ora ndayani nyuwun apa bae mesthi sembada
Garis sabda ora gantalan dina
Beja-bejane sing yakin lan tuhu setya sabdanira
Tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa
Naging inung pilih-pilih sapa
Artinya : Ludahnya api, sabdanya sakti (terbukti), yang membantah pasti mati, orang tua, muda seperti bayi, orang yang tak berdaya minta apa saja pasti terpenuhi, garis sabdannya tidak akan lama, beruntunglah bagi yang yakin dan percaya serta mentaati sabdanya, tidak mau dihormati orang setanah Jawa, tetapi hanya memilih beberapa saja.
Bait 6
Waskitha pindhang dewa
Bisa nyumurupi lahire mbahira, buyutira, canggahira
Pindha lahir bareng sadina
Ora bisa diapusi marga bisa maca ati
Wasis, wegig, waskitha
Ngerti sakdurunge winarah
Bisa pirsa mbah-mbahira
Angawuningani jantraning zaman Jawa
Ngerti garise siji-sijining umat
Tan kewran sasuruping zaman
Artinya : Pandai meramal seperti dewa, dapat mengetahui lahirnya kakek, buyut, dan canggah anda, seolah-olah lahir diwaktu yang sama, tidak bisa ditipu karena dapat membaca isi hati, bijak, cermat, dan sakti, mengerti sebelum sesuatu terjadi, mengetahui leluhur anda, memahami putaran roda zaman Jawa, mengerti garis hidup setiap umat, tidak khawatir tertelan zaman.
Bait 7
Ing ngarsa Begawan
Dudu pandhita sinebut pandhita
Dudu dewa sinebut dewa
Kaya dene manungsa
Artinya : Di hadapan Begawan, bukan pendeta disebut pendeta, bukan dewa disebut dewa, namun manusia biasa.
Bait 8
Iki dalam kanggo sing eling lan waspada
Ing zaman kalabendu Jawa
Aja nglarang dalem ngleluri wong apengawak dewa
Cures ludhes saka braja jelma kumara
Aja-aja kleru pandhita samusana
Larinen pandhita asenjata trisula wedha
Iku hiya paringaning dewa
Artinya : Inilah jalan bagi yang ingat dan waspada, pada zaman kalabandu Jawa, jangan melarang dalam menghormati orang berupa dewa, yang menghalangi akan sirna seluruh keluarga, jangan keliru mencari dewa, carilah dewa bersenjata trisula wedha, itulah pemberian dewa.
Bait 9
Ngluruk tanpa bala
Yen menang tan ngasorake liyan
Para kawula padha suka-suka
Marga adiling pangeran wus teka
Ratune nyembah kawula
Angagem trisula wedha
Para pandhita hiya padha muja
Hiya iku momongane kaki sabdopalon
Sing wis adu wirang nanging kondhang
Genaha kacetha kanthi njingglang
Nora ana wong ngresula kurang
Hiya iku tandhane kalabendu wus minger
Centhi wektu jejering kalamukti
Andayani indering jagad raya
Padha asung bhekti
Artinya : Menyerang tanpa pasukan, bila menang tak menghina yang lain, rakyat bersuka ria, karena keadilan Yang Kuasa telah tiba, raja menyembah rakytat, bersenjatakan trisula wedha, para pendeta juga pada memuja, itulah asuhannya sabdopalon, yang sudah menanggung malu tetapi termashyur, segalanya tampak terang benderang, tak ada yang mengeluh kekurangan, itulah tanda zaman Kalabendu telah usai, berganti zaman penuh kemuliaan, memperkokoh tatanan jagad raya, semuanya menaruh rasa hormat yang tinggi.
Sampai di sini kita mulai memahami siapa yang dikatakan oleh Prabu Jayabaya dengan istilah "Putra Bathara Indra" itu. Bait-bait tersebut telah mengurai secara rinci tentang ciri-ciri dan karakter orang tersebut. Putra Bathara Indra tidak lain adalah waliyullah (aulia) yang perlambang paras Kresna dan watak Baladewa bermakna satria pinandita.
Karena hakikat dua bersaudara Kresna dan Baladewa melambangkan kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, di mana Kresna melambangkan pencipta dan Baladewa melambangkan potensi kreativitasnya.
Dua bersaudara Kresna dan Baladewa menghabiskan masa kanak-kanak sebagai penggembala sapi. Dengan hakikat ini setidaknya kita dapat meraba bahwa putra Bathara Indra juga merupakan budak angon (anak gembala) yang telah dikatakan oleh Prabu Siliwangi di dalam Wangsit Siliwangi.