Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Kenya

Informasi Kenya

Kenya adalah sebuah negara berbentuk republik yang terletak di kawasan Afrika Timur. Batas wilayahnya meliputi: di sebelah utara berbatasan dengan Ethiopia, sebelah timur dengan Somalia, sebelah selatan dengan Tanzania, sebelah barat dengan Uganda, sebelah barat laut dengan Sudan, dan sebelah tenggara Samudera Hindia.

Peta Kenya di bawah ini meliputi peta wilayah, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Peta Wilayah

Gambar Peta Kenya
Peta Kenya
Negara-negara Berbatasan Kenya: Ethiopia, Somalia, Sudan Selatan, Tanzania, Uganda

Peta Regional

Peta Politik

Gambar Peta politik Kenya
Peta politik Kenya

Peta Letak

Gambar Peta letak Kenya
Peta letak Kenya

Kota Penting

Bungoma, Butera, Eldoret, Embu, Garissa, Isiolo, Kakamega, Karungu, Kericho, Kisii, Kisumu, Kitale, Kongelai, Kwale, Lamu, Lodwar, Lokichokio, Machakos, Mado Gashi, Magadi, Malindi, Maralal, Marsabit, Meru, Mombasa , Moyale, Nairobi, Nakuru, Nanyuki, Narok, Air Terjun Nyahururu, Nyeri, Ramu, Sotik, Thika, Voi, dan Wajir.

Lokasi Strategis

Sungai Athi, Gurun Chalbi, Sungai Ewaso Ng'iro, Sungai Galana, Samudra Hindia, Sungai Laga Bogal, Sungai Laga Bor, Danau Amboseli, Danau Nakuru, Danau Natron, Danau Turkana (Danau Rudolf), Danau Victoria, Rawa Lorian, Rawa Lotagipi , Sungai Mara, Gunung Kenya, Sungai Nzoia, Pegunungan Pare, Sungai Suam, Danau Tana, Sungai Tana, Sungai Tsavo, Sungai Turkwel, Teluk Ungama, Pegunungan Usambara, dan Dataran Tinggi Yatta.

Sumber Daya Alam

Banyak sumber daya mineral Kenya termasuk fluorspar, gypsum, diatomite, soda ash, batu kapur dan batu permata. Negara ini memiliki sumber daya yang dapat dieksploitasi lainnya termasuk seng, garam, margasatwa, dan tenaga air.

Bencana Alam

Negara Kenya memiliki bahaya alam yang meliputi kekeringan berulang, tetapi ada juga banjir selama musim hujan.

Masalah Lingkungan

Masalah lingkungan Kenya yang menyangkut tanah termasuk deforestasi, erosi tanah dan desertifikasi. Negara ini memiliki polusi air dari limbah perkotaan dan industri dan ada penurunan kualitas air secara keseluruhan dari meningkatnya penggunaan pestisida dan pupuk. Danau Victoria dipengaruhi oleh eceng gondok yang invasif dan berbahaya. Masalah lingkungan Kenya lainnya termasuk perburuan liar.