Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Nepal

Nepal adalah sebuah negara berbentuk Republik Demokratik, sehingga nama resminya Republik Demokratik Nepal. Dari peta dunia dapat dilihat bahwa letak Nepal terkurung daratan di Asia Selatan. Terletak di kawasan pegunungan Himalaya dengan batas wilayahnya meliputi: sebelah utara berbatasan dengan China (Daerah Otonomi Tibet), sedangkan sebelah barat, timur, dan selatan berbatasan dengan India.

Peta Nepal di bawah ini meliputi peta wilayah, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Peta Wilayah

Gambar Peta Nepal
Peta Nepal

Negara yang berbatasan dengan Nepal: China, India

Peta Regional: Peta Asia, Peta Dunia

Peta Politik

Gambar Peta politik Nepal 1990
Peta politik Nepal 1990

Peta Letak

Gambar Peta letak Nepal
Peta letak Nepal

Kota Penting: Bharhv, Bhktpur, Bhijuri, Bhiratnagr, Birgnj, Dong, Dngdi, Dnkut, DRN, Gork, Jjrcot, Jhumia, Kthmndu, Kumber, Khutrrc, Lalitpur (FTN), Nugu, Mustang, Neplgnj, Nuvkot, Fokr, Simikot dan Taulihawa.

Lokasi Strategis: Himalaya Mountains, Kali River, Karnali River, Mahabharat Range and Siwalik Range.

Sumber Daya Alam: Sumber daya logam untuk Nepal termasuk tembaga, kobalt dan bijih besi. Beberapa sumber daya bahan bakar yang penting adalah tenaga air dan endapan lignit yang kecil. Sumber daya alam lainnya di Nepal termasuk kuarsa, air, kayu dan keindahan pemandangan negara.

Bencana Alam: Nepal memiliki banyak bahaya alam, beberapa di antaranya adalah kekeringan, badai petir hebat, banjir, tanah longsor, dan kelaparan tergantung pada waktu, intensitas, dan durasi musim hujan musim panas.

Masalah Lingkungan: Nepal memiliki banyak masalah lingkungan. Mengenai lahan adalah penggunaan kayu yang berlebihan untuk bahan bakar (karena kurangnya alternatif), yang telah menyebabkan deforestasi. Selain itu perlunya konservasi satwa liar. Air negara itu terkontaminasi oleh limpasan pertanian, limbah industri, dan limbah manusia dan hewan. Nepal juga memiliki masalah dengan emisi kendaraan.