Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 nama wali sanga

Sebagaimana kita ketahui, bahwa dalam penyiaran dan penyebaran agama Islam di Jawa pada zaman dahulu dipelopori oleh muballigh Islam yang lebih dikenal dengan sebutan "Wali". Adapun para wali ini jumlahnya ada 9 yang dianggap merupakan kepala kelompok dari sejumlah besar muballig-muballigh Islam yang bertugas mengadakan operasi di daerah-daerah yang belum memeluk agama Islam.

Adapun nama-nama Wali Sanga (Wali Songo) yang umum dikenal di kalangan masyarakat sekarang adalah terdiri sebagai berikut :
1. Maulana Malik Ibrahim
baca selengkapnya: Sejarah Maulana Malik Ibrahim

2. Sunan Ampel
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Ampel

3. Sunan Bonang
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Bonang

4. Sunan Giri
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Giri

5. Sunan Drajat
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Drajat

6. Sunan Kalijaga
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Kalijaga

7. Sunan Kudus
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Kudus

8. Sunan Muria
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Muria

9. Sunan Gunung Jati
baca selengkapnya: Sejarah Sunan Gunungjati

Foto wali songo

Ada pula yang mengatakan bahwa Sunan Tembayat, Sunan Prawoto, Sunan Ngudung, Sunan Geseng, Sunan Benang, Sunan Mojoagung, Syekh Siti Jenar, Syekh Syubakir, Maulana Ishak dll, itu juga merupakan anggota dari kesembilan wali di Jawa. Akan tetapi yang populer serta dikenal oleh umum ialah apa yang kita sebutkan sembilan nama di atas.

Mengenai daftar nama-nama dari anggota Wali Songo ini para ahli sejarah sebetulnya masih berselisih paham, dan belum ada kesatuan pendapat. Akan tetapi, oleh karena maksud kita di sini bukanlah hendak menitikberatkan kepada nama-nama ataupun silsilah-silsilah mereka, melainkan kita disini lebih mengutamakan isi perjuangan dari para Wali Sanga tersebut di atas.

Ingin tahu bagaimana wajah Wali Songo? Silahkan lihat di Gambar lengkap Wali Sanga

Baca juga artikel Peranan para Wali/ulama dalam bidang sosial budaya, semoga menambah perbendaharaan sejarah para penyebar agama Islam.