Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tempat Wisata Paling Menarik Di Provinsi Lampung

Salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia adalah yang berada di provinsi Lampung. Letak geografisnya yang berada di bagian selatan Pulau Sumatra ini, mempunyai obyek wisata yang sangat beragam.

Wisata alam dengan  panorama mempesona menjadi obyek wisata yang dominan di provinsi ini. Meskipun begitu, Lampung tentunya tidak hanya memiliki wisata alam cantik saja. Sebagai referensi Anda, saya pilihkan 10 tempat wisata yang paling menarik di Lampung.

10 Tempat wisata yang paling menarik di provinsi Lampung antara lain : Pulau Pahawang, Taman Nasional Way Kambas, Air Terjun Curup Tujuh, Pantai Pasir Putih, Air Terjun Putri Malu, Gunung Krakatau, Anak Krakatau, Menara Siger, Teluk Kiluan dan Pulau Condong. Berikut keterangannya secara ringkas.

1. Pulau Pahawang

Salah satu taman laut yang terkenal dengan keindahannya ada di Pulau Pahawang. Keindahannya tdak hanya terkenal di kalangan turis lokal saja melainkan juga wisatawan mancanegara. Pulau Pahawang mempunyai luas 1.084 hektar, terbagi menjadi 2 pulau yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar.

Gambar Pulau Pahawang Di Lampung
Pulau Pahawang Di Provinsi Lampung

Dari Kota Bandar Lampung pulau ini dapat ditempuh dalam waktu selama 1,5 jam (sampai ke dermaga Ketapang) kemudian lanjutkan perjalanan naik perahu sampai tujuan akhirnya yaitu Pulau Pahawang besar.

Bagi Anda yang ingin menginap, di sini tersedia penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah badan segar di pagi hari, anda dapat melakukan penyelaman, menikmati keindahan taman lautnya. Alamat : Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

2. Taman Nasional Way Kambas

Taman yang sudah begitu populer ini identik dengan gajahnya. Namanya adalah Taman Nasional Way Kambas. Di sinilah lokasi perlindungan satwa gajah sumatera yang dari hari ke hari populasinya semakin berkurang. Taman Nasional Way Kambas yang didirikan tahun 1985 adalah sekolah gajah yang pertama di nusantara.

Gambar Taman Nasional Way Kambas Di Lampung
Taman Nasional Way Kambas Di Provinsi Lampung

Tempat ini awalnya mempunyai nama Pusat Latihan Gajah atau PLG, selanjutnya nama tersebut diubah kembali menjadi pusat konservasi gajah dengan harapan di tempat ini hewan gajah dapat dilatih, dijinakkan, dilindungi, tempat perkembangbiakan serta konservasi. Sampai dengan sekarang sudah lebih dari 300 ekor gajah yang dilatih dan tersebar seantero Indonesia.

Taman Nasional Way Kambas bisa dibilang mirip dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan perlindungan untuk badak bercula satu. Alamat : Lampung Timur.

3. Air Terjun Curup Tujuh

Tempat wisata di Lampung berikutnya adalah air terjun curup tujuh. Lokasi wisata yang ada di tengah hutan ini memiliki panorama alam yang mempesona. Akan tetapi karena untuk mencapainya butuh perjuangan dengan melewati hutan, maka pastikan fisik anda dalam keadaan yang kuat dan prima serta tidak sedang mengidap sakit.

Gambar Air Terjun Curup Tujuh Di Lampung
Air Terjun Curup Tujuh Di Provinsi Lampung

Air terjun ini tepatnya ada di kawasan hutan lindung Desa Margajaya. Mencapai lokasi wisata yang satu ini, pertama dapat memakai kendaraan roda empat, selanjutnya sewalah motor trail hingga ke batas hutan lindung. Baru menjelajah hutan dengan jalan kaki.

Alamat : Desa Margajaya, Kecamatan Padang Ratu (kalau dari Gunung Sugih sekitar 2 jam).

Baca juga : Obyek Wisata Di Bengkulu

4. Pantai Pasir Putih

Lokasinya dari Kota Bandar Lampung kurang lebih 20 km. Pantai ini selalu ramai kunjungan wisatawan karena letaknya yang dekat dengan ibukota. Nah, ketika tiba di obyek wisata yang satu ini, kita akan disambut oleh hamparan pasir putih luas dan bersih dengan pantai yang sungguh memukau.

Gambar Pantai Pasir Putih Di Lampung
Pantai Pasir Putih Di Provinsi Lampung

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika liburan ke Pantai Pasir Putih antara lain adalah berenang, bersantai di tepian pantai atau jalan-jalan menyusuri pantai, dan berperahu ke Pulau Condong. Perahunya dapat disewa dari Pantai Pasir Putih. Untuk masalah biaya sewa, masih terjangkau.

Fasilitas yang disediakan antara lain adalah toilet, ruang bilas, kapal motor, shelter, dan lain sebagainya. Pantai ini akan lebih ramai ketika hari libur tiba, salah satu daya tarik dari obyek wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga ini karena harga tiket yang lumayan murah.

5. Air Terjun Putri Malu

Obyek wisata yang satu ini untuk mencapainya membutuhkan tenaga lebih dan tentu melelahkan, jadi tidak banyak wisatawan yang datang berkunjung. Padahal Air Terjun Putri Malu merupakan obyek wisata alam berupa air terjun yang masih alami dan para pecinta alam banyak yang datang kemari untuk sekedar mengambil foto dengan latar belakang alam sekitar air terjun yang mempesona bahkan berenang di bawah air terjun ini.

Gambar Air Terjun Putri Malu Di Lampung
Air Terjun Putri Malu Di Provinsi Lampung

Nama air terjun yang unik ini asalnya dari bentuk air terjun tersebut. Apabila kita perhatikan, air terjun bentuknya bengkok seperti orang yang malu-malu. Tinggi Air Terjun Putri Malu mencapai 80 meter.

Dan yang menarik ketika perjalanan mencapai air terjun ini selain pemandangan alam yang cantik adalah ditemukannya tanaman stroberi liar yang jika dimakan buahnya terasa asam, tapi segar.Beda dengan stroberi hasil perkebunan yang tentunya memiliki rasa yang lebih manis. (baca juga: air terjun di Indonesia yang wajib dikunjungi).

Baca juga : Tempat Wisata Di Bangka Belitung

6. Gunung Krakatau

Selain letusan gunung yang teramat dahsyat, Krakatau juga terkenal karena medan yang menantang. Jadi Gunung Krakatau sangat disukai oleh para pecinta alam sampai dengan wisatawan mancanegara.

Gunung yang meletus pada 1883, suara letusannya terdengar sampai dengan Benua Australia, awan panasnya pun sampai ke beberapa tempat di Eropa. Letusan itu membentuk sebuah gunung baru yang kini dikenal dengan nama Gunung Anak Krakatau. Anak Krakatau timbul ke permukaan pada tahun 1928 dan termasuk dalam gunung yang aktif sampai sekarang.

Gambar Gunung Krakatau Di Lampung
Gunung Krakatau Di Provinsi Lampung

Walau lokasi wisata ini ada di Selat Sunda dan masuk ke Provinsi Lampung, akan tetapi sangat mudah menjangkau Anak Krakatau dari Pantai Anyer-Carita. Izin mendarat di Pulau Gunung Anak Krakatau, dapat kita peroleh juga di tempat ini.

Perjalanan ke sana ditempuh menggunakan perahu motor. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan saat liburan ke destinasi wisata yang satu ini, diantaranya adalah berkemah, mancing, menikmati keindahan panorama alam laut yang memikat.

7. Anak Krakatau

Tempat wisata di Lampung selanjutnya adalah Gunung Anak Krakatau. Gunung yang satu ini merupakan sisa dari Krakatau besar yang pernah meletus dahsyat pada tahun 1883. Anak Krakatau mempunyai kawah yang masih aktif, ditandai dengan keluarnya asap yang mengepul tampak dari kejauhan. Akan tetapi akses ke lokasi ini terbatas dan butuh izin khusus.

Gambar Anak Krakatau Di Lampung
Anak Krakatau Di Provinsi Lampung

Pemandangan di gunung anak krakatau ini sangatlah indah, terutama saat dipagi hari, saat matahari menyinari gunung ini dengan awan-awan yang berada di sekelilingnya, pemandangan dari anak krakatau ini akan tampak seperti lukisan yang nyata.

8. Menara Siger

Ini adalah tujuan wisata Lampung selanjutnya yang juga merupakan ikon Kota Lampung. Bangunan dengan warna kuning terang ini berdiri di atas bukit. Titik nol dari Jalan Lintas Sumatera adalah Menara Siger.

Gambar Menara Siger Di Lampung
Menara Siger Di Provinsi Lampung

Obyek wisata ini memang belum setenar wisata yang lain di Lampung, akan tetapi bangunan ini merupakan kebanggaan warga Lampung dengan arsitektur tradisional. Di dalam menara ada info tentang Kota Lampung lengkap dengan petanya, warna kuning yang ada di atapnya seolah sebagai penunjuk arah untuk para pengguna Jalan Lintas Sumatera.

9. Teluk Kiluan

Kalau Anda pernah melakukan kunjungan ke Pantai Lovina di Pulau Dewata, maka di lokasi wisata Lampung yang satu ini Anda akan menemukan hal yang sama. Di obyek wisata populer Lampung ini kita dapat melihat kumpulan ikan lumba-lumba yang lucu secara langsung di habitatnya.

Pokoknya sensasi melihat cantiknya si ikan imut ini begitu berbeda dengan yang kita rasakan kalau lihat ikan lumba-lumba yang ada di kolam.

Gambar Teluk Kiluan Di Lampung
Teluk Kiluan Di Provinsi Lampung

Waktu terbaik untuk menyaksikan lumba-lumba di sini adalah bulan April sampai dengan September yang sedang musim kemarau. Sebelum melakukan wisata ke Teluk Kiluan, lebih baik anda bertanya kepada pengelola penginapan tentang keberadaan lumba-lumba di Teluk Kiluan dan cuaca.

Lumba-lumba di sini hidup alami dan muncul dengan sendirinya, jadi Anda perlu melihat-lihat cuaca. Kemunculan lumba-lumba juga dipengaruhi oleh cuaca. Kalau ketika Anda datang ternyata tdak dapat melihat di ikan lucu, Anda dapat menikmati indahnya Teluk Kiluan dengan batuan karangnya.

10. Pulau Condong

Nama lengkap dari pulau ini adalah Pulau Condong Sulah. Alam di sini masih asli dan pulaunya berbentuk mirip kerucut atau kubah. Dengan tanaman yang mendominasi lereng dan permukaan bukitnya adalah tanaman hutan pantai. Sebagai contoh adalah ketapang, waru, dan pohon merbau.

Gambar Pulau Condong Di Lampung
Pulau Condong Di Provinsi Lampung

Di sisi selatan pulau tampak seperti belahan dan banyak dimanfaatkan untuk pendakian, rock cimbing, dan aneka olahraga yang memicu adrenalin. Kawasan di sekeliling Condong Sulah, Condong Laut, dan Condong Darat banyak dimanfaatkan untuk menyelam serta berlatih renang. Pantai pulau ini berpasir putih bersih dan mempunyai udara sejuk. Sangat nyaman untuk santai.

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata Paling Menarik Di Provinsi Lampung yang bisa Anda jadikan referensi saat hendak berwisata ke Lampung.

Untuk mengetahui letak geografis provinsi Lampung secara detail, silakan menyimak Peta Lampung

Provinsi Lampung juga kaya dengan budaya yang beragam dan penuh makna filosofis, misalnya pakaian adat dan senjata tradisional.

Pakaian adat Lampung yang indah dan penuh makna, bisa Anda baca pada Pakaian Adat Lampung

Sedangkan senjata tradisional Lampung yang unik dan bersejarah, bisa Anda ketahui dengan membaca Senjata Tradisional Lampung